Pinjam armada, solusikah? atau hanya....

Jan 11, 2011

Sesuai janji Saya kemarin, Saya ingin sedikit share atau lebih tepatnya berkeluh kesah tentang mode transportasi yang sudah menjadi langganan Saya selama kurang lebih 2 tahun yaitu Transjakarta Busway khususnya koridor 3 dan 1. Jarak rumah dan kantor sebenernya ga jauh2 amat klo dibandingin sama temen2 lain disini yang rumahnya di Depok, Bogor, Cibubur dan sekitarnya. Malah ada loh yang rumahnya di Ngawi..hahaha iyah disini dia nge-kost *halah :D*

Rute biasa yang Saya ambil kalau berangkat kerja adalah naik transja dari kalideres transit di harmoni dan lanjut naik transja yang ke arah blok m (koridor 1). Kalo pulangnya Saya biasa naik yang rute alternatif Bundaran Senayan-Kalideres untuk menghindari desak2an di harmoni. Yaa klo yang sering naik transja di jam sibuk kantor (pulang-pergi) pasti tau rasanya antri desak2an di halte busway. Sampe2 ada aja beberapa kejadian yang bikin kita harus lebih aware klo lagi antri ataupun berjubel didalam bus.

Dipostingan kemarin Saya menginfokan bahwa Transjakarta Busway telah membuka koridor baru yaitu koridor 9 dan 10 dengan rute Pinang Ranti-Pluit dan Cililitan-Tanjung Priok. Si BLU Transjakarta selaku badan resmi yang bertanggung jawab atas operasional Busway bilang katanya untuk sementara jumlah bus yang melayani Koridor 9 & 10 sebanyak 35 single bus dan 25 articulated bus (bus gandeng), hemm..jadi total ada 60 bus. Kira-kira cukup ga sih jumlah segitu dibanding dengan jumlah penumpangnya?

Melihat rute yang panjang dan waktu tempuh yang lama Saya rasa jumlah armada itu masih kurang. Dan terbukti, nyatanya koridor 9 dan 10 masih membutuhkan armada bantuan yang dipinjam dari koridor lain. Nah disinilah masalahnya. Semenjak koridor 9 dan 10 resmi dioperasikan, headway nya jadi berantakan untuk koridor 1 dan 3. Apalagi rute alternatif Bundaran Senayan-Kalideres andalan Saya klo pulang kantor ditiadakan karena armada nya di pinjam sama koridor 9 dan 10. Dan berarti Saya harus kembali berdesak-desakan antri panjang dan lama di harmoni. Paginya juga sama pemirsa, biasanya antri ke arah blok m itu walaupun panjang tapi gerak nya cepat tapi lagi2 gara2 si koridor baru itu minjem armada jadinya penumpang numpuk ga keangkut..dan harmoni pun penuh dengan berbagai macam jenis manusia tapi untungnya masih pagi, orang2nya masih pada wangi :p masalahnya Saya nyampe kantornya siang..huwaa :((

Hadeh pak e, mbok ya klo mau ningkatin layanan itu dipikir2 dulu..klo emang belum mampu ya ga usah dipaksain, yang tadinya niat ngasih alternatif lain buat masyarakat malah bikin susah. Mungkin memang ada beberapa penumpang yang merasa terbantu dengan dioperasikan nya koridor baru ini *termasuk mbak Rosa :D* tapi di lain sisi juga merugikan penumpang lain di koridor lain yang armadanya di pinjem. Malah nambahin masalah ga sih? Klo kaya gini kan masyarakat jadi berpikir negatif, jangan2 ini hanya dijadikan alasan proyek bagi oknum2 tertentu biar kucuran dananya cair dan mereka ga memaksimalkan penggunaan dana tersebut *maksudnya biar ada sisa buat dikantongin* ckckck...wallahualam de.

24 great comments:

.:diah:. said...

waduuhh Devi, ngantri bejibun gitu.. tiap hari??? ckckckk.. sesaaakk bookkk... hihihihh

gk bisa komen apa2, blm pernah merasakan langsung ini mah *udiknya nongol* :D

ario saja said...

trans jakarta memang penuh sesak, tapi trans jakarta merupakan salah satu transportasi massa yang di gemari pula

dEvi said...

@diah..ga tiap hari ky gt di, klo tiap hari mah aku nyerah..hehehe..itu biasanya klo ada hr macet nasional atau pengisian bbg nya terhambat..

@ario..tapi klo pelayanannya makin ga menentu gini bisa2 ditinggalin sama pelanggan setia nya :)

riesta said...

jadi enaknya naek apa ya?????
hehehehe

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

wow itulah sebabnya ak pernah mau kerja dijakarta hehe gak kuat sumpek2an dibis

uci cigrey said...

di depan kantor gw masi dikit busnya, klo ke isat tinggal naek itu deh :D
itu koq bejubel banget yah pon, parah

dEvi said...

@riesta..naik mobil sendiri + supir lah yg enak, hehe :D

@mbak ria..iyap memang hrs siap lahir batin mbak :D

@ucuy..ya krn mobilnya dikit cuy trs rutenya kan jauh jd muternya ya lama :D
yauda sini dunks maen2 sambil bawa buah tangan :))

Linda said...

olala nggak sanggup deh liat antriannya sampe desek2an gt. makanya aq sekarang mutusin kost deket kantor biar cuma ngalamin desek2an di bus tiap weekend ;)
salam kenal ya dv ;)

NDA said...

waa templatenya baruuu dan selalu soft lucu2 jadi pengennn

Aishi Lely said...

pas di jakarta belom ngerasain naik busway hehehe

ningnung said...

walopun udah minjem armada, koridor cililitan-priuk masih berasa kurang armadanya dev, kita nunggunya lama seringnya.. semoga ke depan busway lebih baik lagi ya. transport andalan ni :D

Ipah said...

wah, aku jadi punya wawasan baru ttg trans jakarta. di solo juga ada trans solo~
semoga bisa lebih baik :))

salam!

mayank said...

jakarta oh jakarta...
oh Mai God

kalo di jogja ada transjogja yang ga terlalu ngantri+ga macet aja males apalagi bejibun gt mbakk...*pengsan*

pernah diajakin naek trans malah puyeng diajak muter2 jogja, pulang2 mriang *lebay memang

kalo naek bis biasa malah santai aja... *heran..
:P

dEvi said...

@mbak linda..klo ngekost, tanggung mbak jarak kantor-rumah sebenernya ga jauh2 bgt :D
salam kenal jg mbak :)

@nda..hehehe..makasii yoo :)

@mbak aishi lely..yuk kejakarta lagi, cicipin naek busway :D

@ningnung..amin smg bis tetep jadi transport andalan nih si busway :D

@ipah..iya skrang banyak daerah yg mengikuti jejak transjakarta. ya semoga lebih baik aja ya :)

@mayank..hahha..yo wes besok2 naek mobil sendiri aja mai, pasti lebih santai lagi, hehehe

Nova Miladyarti said...

alhamdulillah. Untung tinggal di Aceh. Jadi ga pernah ngerasa yang kaya begini.hehhehehe:p

Ahmad'z said...

sistemnya dulu dong dibenahi+jalannya,,baru tambah armada,, makasih infonya,,slam kenal folo balik ya??

rid said...

emang kalo liat di tv transportasi di jakarta tambah ribet aja ya..
mungkin ada baiknya kamu belajar ber-apparate-disapparate biar nggak perlu antri dan desak-desakkan di busway :P

Ra-kun yang sendiRIAN said...

lama tak mampir ke sini,
apa kabar? :)

dEvi said...

@Ahmad'z..iyah c bener juga,setujuh klo itu!
salam kenal jg, makasi sudah mampir :)

@mbak rid..wohoho..ilmu apa pula itu mbak? :D

@ra-kun..alhamdulillah baik. saia juga mau mampir kessana klo gt :D

Elsa said...

ngeri juga lihat fotonya itu
berjubel berdesak desakan
rawan copet dan pelecehan seksual yaaa

merry go round said...

Wahahahaa...
misi-misiii...maap baru komen.

Kan cuma seminggu aja 'berantakannya'. Sekarang udah dioperasikan lagi kan yg rute Senayan - Kalideresnya? Jadi ngga perlu ke Harmoni lagi dooong. Tapi emang paling ampun deh Harmoni itu. Heran aja kenapa haltenya ngga jebol ke kali yang ngalir di bawahnya sangking banyaknya orang yg ngantri.

Sekarang bis yg pinang ranti - pluit juga kayanya jadi sedikit ya, jadi aku naek bus yg pertama lewat aja. kalo yg Harmoni lewat duluan ya naek itu, kalo yg pluit ato grogol duluan ya naek itu. Trus sekarang aku juga pulangnya pake busway dari sawah besar sampe benhil. darisitu nunggu bus ke Cibinong deeehhh ;)

phonank said...

Transportasi di jakarta semakin ribet..
semakin tidak karuan!!
angkutan-angkutan jadi pada bentrok, bersinggungan jalur! semakin menambah macet dan macet!

Jalur BUs Way juga gitu, makin banyak dibuka koridor, semakin sempit jalan yg dilalui kendaraan umum.. heuleeuuuhhh

dEvi said...

@mbak rosa..iyah sih skg uda ada lagi armada andalan saia :D

hahaha..koq mikirnya sama yah mbak, aku jg ngeri tu klo lagi padet diharmoni, takut ajah tu halte jebol nyemplung kali..hiii jgn sampe dee..

@phonank..maksudnya si pak gubernur kan biar orang2 naik busway untuk mengurangi penggunaan mobil pribadi, tp kayanya belum menyelesaikan masalah de klo liat ky gini :D

bisnis tiket pesawat said...

wow, coba kalau naik pesawat, jadi asyik tuch.. :)

Post a Comment