Zodiak mu berubah??

Jan 25, 2011

Zodiak menurut wikipedia adalah sebuah sabuk khayal di langit yang berpusat pada lingkaran ekliptika dan merujuk pada rasi-rasi bintang. Kata zodiak sendiri berasal dari bahasa Yunani Zoodiacos Cyclos yang artinya lingkaran hewan. Biasanya zodiak ini dipakai untuk ramalan astrologi yang menghubungkan antara gerakan benda-benda tatasurya dengan nasib manusia.

Waktu jaman SMP pas lagi puber2 nya Saya seneng banged baca ramalan zodiak di majalah remaja, terus juga baca bagian "zodiak dia" buat tau tentang ramalan si doi *hahaha..padahal ga punya pacar waktu itu* ujung-ujungnya klo punya gebetan harus tau zodiaknya dia terus di cocok-cocokin deh sama zodiak Saya..hihihi..ngaku de, temans dulu juga gitu kan? *hehehe..nyari temen*

Nah yang kita tau kan ada 12 nama zodiak yang biasa digunakan untuk ramalan astrologi, dan nama zodiak itu diliat berdasarkan tanggal lahir kita, kalo Saya berzodiak Aries karena lahir tanggal 19 April. Tapi awal tahun kemarin ada professor dari Amerika Serikat, Parke Kunkle yang menyatakan kalau sumbu bumi saat ini sudah bergeser dari posisi sejak sistem zodiak pertama kali ditemukan bangsa Babylonia. Dan menurut si bapak professor hal ini telah mengubah sistem zodiak lama yang berakibat adanya perubahan zodiak atau perubahan rasi bintang. Mengutip dari detiknews.com "Sistem Babylonia kuno mengelompokan zodiak berdasarkan konstelasi di mana matahari berada pada saat orang dilahirkan. Tetapi ribuan tahun setelahnya, gravitasi bulan telah mengubah posisi putar bumi pada porosnya dan menciptakan perbedaan sebulan pada susunan bintang. Astronom saat ini mengusulkan semua bintang mundur satu bulan ke belakang dan menambah bintang ke-13, yakni Ophiuchus."

Lambang zodiak tanpa zodiak Ophiuchus

Nah loh, berarti banyak yang ganti donk ni zodiaknya?? Tapi beberapa ahli astrologi tidak setuju dengan pendapat si professor Kunkle karena menurut mereka bahwa negara barat tidak berpegang dengan zodiak tropis tempat dilakukannya penelitian sebelum dilakukan perubahan zodiak. Hal ini disebabkan zodiak tropis dipengaruhi oleh musim, berbeda dengan yang dianut astrologi barat yang menitikberatkan konsistensi pada rasi bintang. Artinya orang barat tak perlu merubah zodiaknya.

Hemm..berarti orang barat sama orang tropis zodiaknya beda donk?? yang ahli aja masih beda pendapat apalagi kita ya..hehehe..lucunya orang yang punya tato dengan lambang zodiak nya pada panik klo zodiak mereka berubah, berarti tato nya ganti juga donk??

Berikut perubahan zodiak dengan penambahan zodiak Ophiuchus :
  1. Capricorn : Jan. 20 - Feb. 16 -- Original Dates: Dec. 22 - Jan. 19
  2. Aquarius : Feb. 16 - March 11 -- Original Dates: Jan. 20 - Feb. 18 
  3. Pisces : March 11- April 18 -- Original Dates: Feb. 19 - March 20 
  4. Aries : April 18 - May 13 -- Original Dates: March 21 - April 19 
  5. Taurus : May 13 - June 21 -- Original Dates: April 20 - May 20 
  6. Gemini : June 21 - July 20 -- Original Dates: May 21 - June 20 
  7. Cancer : July 20 - Aug. 10 -- Original Dates: June 21 - July 22 
  8. Leo : Aug. 10 - Sept. 16 -- Original Dates: July 23 - Aug. 22 
  9. Virgo : Sept. 16 - Oct. 30 -- Original Dates: Aug. 23 - Sept. 22 
  10. Libra : Oct. 30 - Nov. 23 -- Original Dates: Sept. 23 - Oct. 22 
  11. Scorpio : Nov. 23 - Nov. 29 -- Original Dates: Oct. 23 - Nov. 21  
  12. Ophiuchus : Nov. 29 - Dec. 17 
  13. Sagitarius : Dec. 17 - Jan. 20 (New Dates)
Nah loh, siapa yang zodiak nya berubah??

sumber :
http://www.detiknews.com/
http://bang-ir.blogspot.com/2011/01/perubahan-zodiak-atau-rasi-bintang.html

13 great comments:

Nadia Meutuah said...

hah?? gw Berubah Dep...
Tp kayanya ga ngaruh deh, soalnya gw ga suka baca zodiak..hehe

Elsa said...

untuuuung saja aku gak berubah!
hehehheee...
sama kayak Nadia sih
gak ngaruh juga karena bukan penggemar zodiak gitu

BABY DIJA said...

Dija bingung tante
pisces atau aries ya???

dEvi said...

@nadia, @mba elsa..hehehe iyah sih aku jg sekarang uda ga pernah baca2 zodiak lagi..tapi paling ga jadi tau ada issue ini *wink :)

@dija..aries aja dek, biar sama ky tante :D

Ajeng Sari Rahayu said...

Aku Devvvvvvvvvvv, ih kok gitu ya?!

Dulu gemini, sekarang jadi taurus...hmmm aneh ini
>.<

Nova Miladyarti said...

eh, berubah eh...hehhehe...
tp ga suka zodiak juga.hehhe

merry go round said...

Hiyaaahhh... saya berubah jadi aquarius. Ngga mauuuuuu.... Hahahaha.....

NINDAAA said...

wah idblognetwork juga ya mbak^^

dEvi said...

@ajeng..hehehe..gpp koq yg penting tgl lahirnya ga berubah..loh?? :D

@nova..eh eh..koq ga suka sih :p

@mbak rosa..hahaha, ga mau jadi ga cocok sama gebetan yah mbak :p

@ninda..oo km jg ya nin? *toss klo gt :D

miss j said...

Eh, saya berubah nih.. ophiuchus..ugh, nyebutnya aja dah susah,hehe. ga masuk ramalan yg dimajalah2 lg nih.. :(

Ay said...

pokoknya zodiacku harus teteub Cancer..!

*kekeuh...*

uci cigrey said...

gw jadi virgo :))
loh koq, gw kira gw ngga berubah zodiaknya.
gw baru tau versi lengkapnya nih, aduh parah noar abis :D
makasih loh pon uda di tulisin disini

dEvi said...

@miss j..hehe iya yah ophiuchus dimajalah ga ada ramalannya atau belum ada mungkin :D

@ay..cinta mati sepertinya :D

@ucuy..napas bentar cuy jangan kebanyakan kerja, ga baek buat kesehatan :))
sipp..sami2 cuy :)

Post a Comment