Transjakarta koridor 9 dan 10 : Pinang ranti - Pluit dan Cililitan - Tanjung Priok

Jan 10, 2011

Transporatasi massal seperti Transjakarta Busway memang menjadi salah satu alternatif bagi warga Jakarta. Apalagi sekarang ini semakin banyak dibuka koridor baru dengan rute yang semakin banyak pula termasuk beberapa rute alternatif dan rute wisata yang sudah ada. Tujuannnya tentu saja untuk dapat meningkatkan pelayanan angkutan umum bagi masyarakat dan memperluas jangkauan rute Transjakarta yang dapat diakses oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang berada disekitar koridor tersebut.

Transjakarta_Busway

Seperti yang baru saja diresmikan pada tanggal 31 Desember 2010 lalu yaitu koridor 9 yang melayani rute Pinang Ranti - Pluit dan koridor 10 yang melayani rute Cililitan - Tanjung Priok. Koridor baru ini diharapkan bisa melayani para penumpang yang berada di sekitar shelter dan koridor tersebut. Apalagi koridor 9 dan 10 ini kurang lebih sudah 2 tahun 'dianggurin' :D

Berikut halte-halte yang dilewati oleh koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) :
Pinang Ranti, Garuda TMII, Pasar Kramat Jati, Cililitan, BKN, Cawang UKI, BNN, Cawang Ciliwung, Cikoko Stasiun Cawang, Tebet BKPM, Pancoran, Pancoran Barat, Tegal Parang, Kuningan Barat, Gatot Subroto Jamsostek, Gatot Subroto LIPI, Semanggi, Senayan JCC, Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, RS Harapan Kita, Tomang Taman Anggrek, Grogol 2, Stasiun Grogol, Jembatan Besi, Jembatan Dua, Jembatan Tiga, Penjaringan, Pluit.
*note :
- halte Pasar Kramat Jati hanya dilalui koridor 9 pada hari libur
- koridor 9 tidak berhenti di halte Cililitan, penumpang bisa naik rute PGC-Grogol 2 dari halte PGC

Berikut halte-halte yang dilewati oleh koridor 10 (Tanjung Priok - Cililitan) :
Tanjung Priok, Enggano, Permai Koja, Walikota Jakarta Utara, Plumpang Pertamina, Sunter Kelapa Gading, Yos Sudarso Kodamar, Cempaka Mas 2, Cempaka Putih, Pulomas Bypass, Kayu Putih Rawasari, Pemuda Pramuka, Utan Kayu Rawamangun, Ahmad Yani Bea Cukai, Stasiun Jatinegara, Pedati Prumpung, Cipinang Kebon Nanas, Penas Kalimalang, Cawang Sutoyo, Cawang UKI, BKN, PGC.
*note : halte belum bisa dipakai untuk naik/turun penumpang karena rusak

Namun untuk koridor 9 ada pembagian dua rute yang dioperasikan pada hari kerja dan hari libur. Untuk hari kerja, koridor 9 dibagi menjadi dua rute yaitu: Pinang Ranti-Pluit (lewat tol Jagorawi) dan PGC-Grogol 2. Untuk hari liburnya juga rute dibagi dua yait rute reguler Pinang Ranti-Pluit dan rute alternatif PGC-Grogol 2.
*note : lebih jelasnya mengenai pembagian rute ini bisa lihat disini >> Rute hari kerja dan Rute hari libur

Ada beberapa tanggapan dari Saya pribadi mengenai pengoperasian koridor baru Transjakarta ini, dan beberapa mengenai operasioanal di koridor lain juga. Tapi kayanya Saya akan buat postingan terpisah aja. Jadi..nantikan postingan selanjutnya yaa :) 

sumber

5 great comments:

Ajeng Sari Rahayu said...

Iya dev ditunggu infonya :D

Btw, aku nggak pernah menginjakkan kaki di Jakarta. Transjakarta Busway mungkin kalau di kota2 biasa seperti angkot itu ya dev?atau taxi?

ningnung said...

aku favorit sekali sama koridor cililitan-tg. priuk! pass depan kantor. heheheheh

dEvi said...

@ajeng..sebenerya transjakarta itu hampir sama kaya bus patas AC, cuma bedanya dia punya halte dan jalur sendiri yang bikin waktu tempuh jadi lebih cepat..*itu jg klo ga diserobot kendaraan umum lainnya :D

@ningnung..wew enak banged dunks ga pake jalan lagi ;)

Elsa said...

aku belom pernah naik transjakarta nih
nanti deh kalo ke jakarta, akhir bulan ini
pingin nyobain
hehhee

rental komputer semarang said...

kayaknya asyik ya, naik trans jakarta..

Post a Comment