rute alternatif : Uji coba TransJakarta Kalideres-Bundaran Senayan

Jan 26, 2010

Sebagai penumpang setia transjakarta (baca : traja), aku mau info buat pengguna koridor 3 dan 1. Mulai dari tanggal 20 Januari kemaren diberlakukan uji coba Rute Kalideres - Bundaran Senayan melalui halte Harmoni. Eits..tapi ada jadwal nya, klo menurut sumber resmi sih seperti berikut :

  • Pukul 07.00 s/d 10.00 WIB 
  • Pukul 16.00 s/d 20.00 WIB 
Tapi pada kenyataannya dua hari ini aku naik traja rute itu sekitar jam 06.25 dari kalideres, ternyata dari sumber yang disini bilang klo jadwal rute Kalideres-BunSen mulai tanggal 21 Jan 2010 ada perubahan, bus pertama berangkat dari Kalideres jam 06.30, dan bus terakhir yg ke Kalideres jam 11.22. Sedangkan untuk jadwal sore tetap sama, yaitu 16.00-20.00. Aku sih seneng aja soalnya rute ini jadi menghemat waktu dan tentunya menghemat energi juga karna ga perlu ngantri lagi diharmoni yang penuh sesak seperti ceritaku disini :D ya karna sebelum ada rute itu aku harus transit di harmoni dan naik lagi traja ke arah blok m (koridor 1), klo transitnya ga pake ngantri sih no problemo tapi ini antrian nya puannjaanngg, kaya mo naek wahana di dufan klo lg musim liburan, hehehe :D

Makanya rute uji coba ini sangad mengefisienkan waktu dan tenaga ku (sepertinya kata2 ini sudah ada diatas :D), apalagi klo pulang kantor, udah capek, mesti ngantri desak2an di harmoni..haduh kebayang gimana serunya..loh?? http://www.emocutez.com Oiya masih menurut sumber kedua yang aku dapat, armada yang dioperasikan untuk rute uji coba ini hanya 5 armada, waaa..berarti untung2an ni bisa dapet bus yang itu., b'arti  aku beruntung karna kebagian salah satu dari armada itu dan gag perlu ngantri pastinya http://www.emocutez.com Tapi terlepas dari itu semoga aja rute ini ga cuma uji coba, tapi bisa diresmikan dan ditambah armadanya :)

Skalian mau share beberapa rute alternatif busway lainnya, cekidot :
Pulogadung – Kalideres
Rute Pulogadung-Kalideres menggabungkan koridor 2 dan koridor 3. Rute alternatif ini dibuat untuk mengurangi kepadatan penumpang yang transfer di halte Harmoni.
Halte-halte yang dilalui dari Pulogadung menuju Kalideres :
Pulogadung, Bermis, Pulomas, ASMI, Pedongkelan, Cempaka Timur, RS Islam, Cempaka Tengah, Pasar Cempaka Putih, Rawa Selatan, Galur, Senen, Atrium, RSPAD, DepLu, Gambir 1, Istiqlal, Juanda, Pecenongan, Harmoni, RS Sumber Waras, Grogol, Jelambar, Indosiar, Taman Kota, Jembatan Gantung, Dispenda Samsat Barat, Jembatan Baru, Rawa Buaya, Sumur Bor, Pesakih, Kalideres.
Halte-halte yang dilalui dari Kalideres menuju Pulogadung:
Kalideres, Pesakih, Sumur Bor, Rawa Buaya, Jembatan Baru, Dispenda Samsat Barat, Jembatan Gantung, Taman Kota, Indosiar, Jelambar, Grogol, RS Sumber Waras, Harmoni, Balaikota, Gambir 2, Kwitang, Senen, Galur, Rawa Selatan, Pasar Cempaka Putih, Cempaka Tengah, RS Islam, Cempaka Timur, Pedongkelan, ASMI, Pulomas, Bermis, Pulogadung.

TU Gas – Dukuh Atas
Rute TU Gas-Dukuh Atas merupakan versi pendek dari koridor 4. Rute alternatif ini dibuat untuk mempercepat perputaran koridor 4 karena hambatan di Pasar Pulogadung dan sewaktu masuk/keluar Terminal Pulogadung dari/ke jalan Raya Bekasi.
Halte-halte yang dilalui sama seperti koridor 4, tetapi tidak sampai Pulogadung dan berputar di halte TU Gas.

Cililitan PGC – Ancol
Rute Cililitan PGC-Ancol menggabungkan koridor 5 dan koridor 7. Rute alternatif ini dibuat untuk mengurangi kepadatan penumpang yang transfer di halte Kampung Melayu.
Halte-halte yang dilalui dari Cililitan PGC menuju Ancol (tidak berhenti di Kampung Melayu dan Senen Sentral):
Cililitan PGC, BKN, Cawang UKI, BNN, Cawang Otista, Gelanggang Remaja, Bidaracina, Kebon Pala, Slamet Riyadi, Tegalan, Matraman 1, Salemba Carolus, Salemba UI, Kramat Sentiong NU, Pal Putih, Budi Utomo, Pasar Baru Timur, Jembatan Merah, Gunung Sahari Mangga Dua, Pademangan, Ancol.
Halte-halte yang dilalui dari Ancol menuju Cililitan PGC (tidak berhenti di Senen Sentral dan Kampung Melayu):
Ancol, Pademangan, Gunung Sahari Mangga Dua, Jembatan Merah, Pasar Baru Timur, Budi Utomo, Pal Putih, Kramat Sentiong NU, Salemba UI, Salemba Carolus, Matraman 1, Tegalan, Slamet Riyadi, Kebon Pala, Pasar Jatinegara, Bidaracina, Gelanggang Remaja, Cawang Otista, BNN, Cawang UKI, BKN, Cililitan PGC.


Catatan: Penumpang yang akan transfer ke arah Kampung Rambutan bisa transit di halte BKN, karena tempat penurunan di Cililitan PGC berada diluar halte.


Cililitan PGC – Senen Sentral
Rute Cililitan PGC-Senen Sentral merupakan versi pendek dari rute Cililitan PGC-Ancol. Rute alternatif ini dibuat untuk mempercepat perputaran rute Cililitan PGC-Ancol yang jaraknya jauh.
Halte-halte yang dilalui dari Cililitan PGC menuju Senen Sentral (tidak berhenti di Kampung Melayu):
Cililitan PGC, BKN, Cawang UKI, BNN, Cawang Otista, Gelanggang Remaja, Bidaracina, Kebon Pala, Slamet Riyadi, Tegalan, Matraman 1, Salemba Carolus, Salemba UI, Kramat Sentiong NU, Pal Putih, Senen Sentral.
Halte-halte yang dilalui dari Senen Sentral menuju Cililitan PGC (tidak berhenti di Kampung Melayu):
Senen Sentral, Pal Putih, Kramat Sentiong NU, Salemba UI, Salemba Carolus, Matraman 1, Tegalan, Slamet Riyadi, Kebon Pala, Pasar Jatinegara, Bidaracina, Gelanggang Remaja, Cawang Otista, BNN, Cawang UKI, BKN, Cililitan PGC.


Catatan: Penumpang yang akan transfer ke arah Kampung Rambutan bisa transit di halte BKN, karena tempat penurunan di Cililitan PGC berada diluar halte.


Cililitan PGC – Harmoni
Halte-halte yang dilalui dari PGC ke Harmoni (tidak berhenti di Kampung Melayu dan Senen Sentral):
Cililitan PGC, BKN, Cawang UKI, BNN, Cawang Otista, Gelanggang Remaja, Bidaracina, Kebon Pala, Slamet Riyadi, Tegalan, Matraman 1, Salemba Carolus, Salemba UI, Kramat Sentiong NU, Pal Putih, Juanda, Pecenongan, Harmoni.
Halte-halte yang dilalui dari Harmoni ke PGC (tidak berhenti di Senen Sentral dan Kampung Melayu):
Harmoni, Pecenongan, Juanda, Pasar Baru, Pal Putih, Kramat Sentiong NU, Salemba UI, Salemba Carolus, Matraman 1, Tegalan, Slamet Riyadi, Kebon Pala, Pasar Jatinegara, Bidaracina, Gelanggang Remaja, Cawang Otista, BNN, Cawang UKI, BKN, Cililitan PGC.


Grogol 2 – Harmoni
(Rute ini hanya ada pada hari kerja) Rute Grogol 2-Harmoni dibuat untuk mengakomodasi penumpang yang akan naik/turun di beberapa halte yang tidak dilalui koridor 8 pada hari kerja.
Halte-halte yang dilalui dari Grogol 2 menuju Harmoni:
Grogol 2, Tomang Taman Anggrek, Tomang Mandala, RS Tarakan, Petojo, Harmoni.
Halte-halte yang dilalui dari Harmoni menuju Grogol 2:
Harmoni, Juanda, Pecenongan, Petojo, RS Tarakan, Tomang Mandala, Tomang Taman Anggrek, Grogol 2


(sumber)


Ket : BIRU = Halte pemberangkatan dan halte tujuan


Ternyata banyak lho rute2 alternatifnya, yaa semoga TransJakarta semakin baik dalam pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada masyarakat khusunya daerah Jakarta dan sekitarnya :)


28 great comments:

putri ayuningtyas said...

wow, lengkap sekali info nya. jd kangen jakarta

dEvi said...

hehe..kangen macetnya yah?! :D

Laston M Nainggolan said...

jakarta..jakarta... banjir macet..... tirulah Kuala Lumpur.... meski banyak lumpur tapi jalan jarang macet hehehe

Pohonku Sepi Sendiri said...

mantabh infonya dev.. komplit plit.. hehe..
oh iya, di tempatku ada award buat devi.. mohon sekiranya bersedia 'tuk menerima.. :)

Ahmad Ramadani said...

Gue belum pernah ke jakarta, jadi ga' tau yang begituan.. tapi nice info cuy..

rid said...

wah,lengkap banget rutenya,hehehe

btw ada award buatmu di hujanorange. diambil yaa ^^

uci cigrey said...

juragan trans nih :))

duapuluhempatjanuari said...

herman!

segitu banyaknya dicobain semua apa cuma liat dari sumber? lengkap bener ya?!

aku kalo kemana-mana juga bermula dari Kalideres.. so(to ayam), postingan ini jadi info berguna banget buat penduduk nomaden seperti aku gini.. baru-baruan nih di Tangerang.. kalo bahasa bulannya nih, "nais inpoh gan!"

salam jumpa!

dEvi said...

@Laston..eits jangan salah, klo lumpur di indonesia jg banyak, tuu ada lumpur lapindo, hehehe :D

@Pohon..iyah komplit pake telor :D
asiik, makasih pohon..segera meluncur :D

@Ahmad..ayo maen ke jakarta, cobain naik TransJakarta :)

@rid..iyah smoga bermanfaat buat temen2 :D
makasii yah awardnya, segera meluncur :)

@uciL..hahahk..ayo ciL pulang naek trans lg :D

@duapuluhempatjanuari..belum smua dicobain sih, hehe..waa penduduk baru di Tangerang nih, mampir yah kerumahku..jgn lupa bawa bungkusan...hehehe
makasii kunjungannya :)

merry go round said...

udah lama nga pake busway, kaget aja gitu pas minggu kemaren iseng naek busway dan ada jurusan PGC-Harmoni. Hahaha...kemana aja ya saya.

dEvi said...

hehe..iyah ni sekarang busway sudah menjamur ke segala rute :D

Lina said...

wah...infonya lengkap. yang gatsu kok harus dijadwal ya. hiks.

salam kenal devi, tukeran link yuk...

.:diah:. said...

ckckkckk, salut tuk Devi, infonya kumplit bowww, pasti berguna banget tuh bagi para pemakai Trans Jakarta, jadi pengen juga mengikuti rute itu *kapan y bisa main k Jkt lagi?? dulu gk smpat nyoba Trans Jkt* >>udik<< :D

dEvi said...

hehe..ayo2 ke jakarta, nanti kita ketemuan yah trs naik TransJakarata de :D

ninneta said...

jadi inget waktu pertama busway ada, jalan sama anak kampus kelilingan ngikutin trayeknyal... kayak orang bener... hehehehhehe

dEvi said...

@Lina..maap kelewat balesnya :D hmm yg gatsu??emang uda beroperasi ya? mungkin masih ujicoba juga jadi masih dijadwalin, mungkin loh yah..aku jg kurang tau :D
salam kenal jg lina, makasii uda mampir yaah :)

@ninneta..hehe, mang sekarang bukan org bener ya mbak :D

duapuluhempatjanuari said...

sharing nih..
td siang aku nyobain busway tanpa peta!!! (tanda seru tiga) *apaan si* :)

cuma ngandalin catetan dr infonya Devi sama linknya transjakarta, plus jiwa bonek dalam diri ini, hehee..

postingan ini memang yahuddd! ("d"-nya tiga)

quinie said...

wewww... lengkap pisan info transjakartanya... boleh dijadiin referensi ni.
makasih udah mampir ketempat akuh yaa...
sori baru sempet mampir

dEvi said...

@duapuluhempat..waah,mantabs..ga nyasar kan???(tanda tanya 3 :D)
hehe..makasii yah, ikut seneng klo info ini bs bermanfaat buat temen2 :)

@quinie..sama2 mba, makasih jg uda mampir balik :)

richo said...

jalur yang ke solo ada ga??? hehehe, wah yang punya busway neee, apal bener

Desi Eria R. said...

wah aku baru 2 kali naek trans jakarta, hehe gara2 mau ke dufan dari bandung :)
salam kenal yaaa devi, aku follow kamu yaaaa. sekalian ngelink biar sering2 mampir :)

dEvi said...

@richo..hehe,masih dalam proses pengajuan proposal mas nanti namanya TransSolo :D

@Desi..ke dufan naek busway emang seru, irit ongkos juga :D
makasii yah, udah difollow dan link balik juga ^^

phonank said...

Devi sekarang jadi supir BuswaY yah....
hehehe

Hafal banget sih koridor dan jalur-jalurnya...
Oh iyah, yang Jakarta Tangerang dah jadi belom yah..?
yang lewat jalan Panjang...
hikikiki

dEvi said...

yaah lumayan lha buat nambahin modal kawin, hahaha :))

ini pertanyaan srius apa ga nih?
soalnya denger2 emang mau diadain trayek yang ke tangerang..*selain jadi super busway saia juga jadi wartawan lokal :D
yang lewat jalan panjang itu rute lebak bulus phonank :)

Elsa said...

hiks aku belom pernah naik busway...
hiks

dEvi said...

yuk yuk aku ajak keliling jakarta naik busway :D

Anonymous said...

Mbak devi, rute ekspres kalideres-bundaran senayan ini berhenti di setiap halte transjakarta di sepanjang rute itu? atau ada halte dimana transjakarta tidak berhenti di halte itu? trims buat infonya ya, Mba :)

Theresa Sulysetiawan said...

Saya mau tanya dong, operasi busway express kalideres-bunsen itu berlaku rute sebaliknya juga ga? maksudnya kalau dari bunsen, ada bus express ke kalideres juga? Thanks infonya :)

Post a Comment