Facebook versi Indonesia

Feb 2, 2011

Beberapa hari yang lalu Saya pernah posting mengenai Facebook versi China yang dibuat oleh seorang pemuda asal China dengan tujuan untuk menggantikan situs jejaring sosial no 1 Facebook di negeri tirai bambu tersebut. Dan dipostingan itu ada teman blogger yang bilang "semoga Indonesia juga bisa buat facebook ala Indonesia". Hemm..ternyata komentar teman blogger itu terjawab.

Kemarin waktu Saya buka Twitter, Saya liat pak @onnowpurbo berkicau dengan memberikan link thread kaskus *maaf link nya ketinggalan di timeline :D* yang menerangkan tentang Muhammad Yahya Harlan anak Indonesia berumur 13 tahun yang mengembangkan situs jejaring sosial seperti Facebook, namanya salingsapa.com. Karena penasaran, pas sampai kantor Saya langsung buka situs itu. Dari tampilan homepage nya sendiri sangat islami, dan memang tujuan pengembangan situs ini sebagai sarana silaturrahmi bagi siapa saja agar bisa menyampaikan informasi, untaian hikmah, petikan hadits, petikan ayat Al Qur'an kepada para sahabat atau sanak saudara. Berikut tampilan homepage Salingsapa.com.

SalingSapa.com
*Homepage salingsapa.com memang tidak terlihat seperti social network pada umumnya


Salingsapa.com dirilis pada tanggal 7 Desember 2010 (1 Muharram 1432H) dan sampai saat ini memang masih dalam tahap pengembangan, jadi maklum aja kalo pas lagi asik cari2 temen eh yang nongol malah notifikasi "cannot connect to mysql server", mungkin masih ada bugs nya :D.

Situs ini dikembangkan memang bukan untuk menggantikan Facebook seperti yang ada di China tapi situs ini bisa memberikan alternatif media Social Network kepada para penjelajah dunia maya. Untuk menuntaskan rasa penasaran, Saya melakukan registrasi dan mencoba mengulik isinya. Menurut Saya situs ini merupakan gabungan antara Twitter dan Facebook karena selain ada fasilitas follow ada juga fasilitas Add Friend. Bedanya apa? Coba aja sendiri yah, hehehe..terus jangan lupa add Saya atau follow Saya :D Tampilan dashboard dan profil serta fasilitas seperti update status, wall to wall, dan lain-lainnya juga hampir sama dengan Facebook. Lalu apa yang membedakan SalingSapa (baca: SS) dengan Facebook?
  1. Adanya Fitur Al Qur'an, hal ini memungkinkan bila disela sela kita sedang Online, kita bisa membaca Al Qur'an dengan tampilan yg menarik, serta juga bisa memeriksa, apakah bacaan Al Qur'an kita sudah benar (pilihan membaca/mendengarkan ayat Al Qur'an dari Syaikh Mishary Rashid al Fasi).
  2. SalingSapa.com memiliki server sendiri, sehingga memiliki kontrol penuh dalam hal data data member, serta content yg di upload. Content yg tidak sesuai dengan nilai nilai Islam jelas akan bisa dihilangkan dengan mudah.
  3. Server berada di Jakarta, bukan di luar negeri, sehingga bisa diakses dengan lebih cepat (untuk melihat/mengunggah foto atau naskah ). Cuma memang untuk Video,  masih harus menumpang di Youtube
  4. Usia member tidak dibatasi, sekalipun baru berusia 6 tahun juga boleh mendaftar. Beda dengan Facebook yg membatasi usia pendaftar, dimana anak anak yg ingin punya account di Facebook `terpaksa' harus berbohong mengenai usia  (ketika melakukan registrasi)
  5. Juga ada fitur Game, akan tetapi Game yang ada di SalingSapa.com ini lebih di filter, dan akan dikembangkan game-game Islami.
Gimana? jadi makin penasaran? yuukk dicoba registrasi dan saling sapa di facebook versi Indonesia :)

22 great comments:

Nadia Meutuah said...

Wew Hebaaaaaaaat ya dep Muhammad Yahya Harlan anak Indonesia berumur 13 tahun itu...mau nyoba ah ke SS, Tq dep jadi tau info ini.

MJ said...

Pengen nyoba, tapi kok MJ ga bisa buka yach?? "No IP Format" tulisannya errornya???

dEvi said...

@nadia..jgn lupa add gw yah nad ;)

@mj..hah? masa sih..coba ke google dulu tulis salingsapa.com u/ keywordnya

ningnung said...

kereeeeennn!! umur 13 taun udah bisa bikin beituan! :D ada aplikasi Qurannya lagi *thumbs up
aku dulu pernah baca juga FB versi indonesia tp lupa apa namanya..

Nova Miladyarti said...

wew, keren banget!!!baru tau kalo ada yg beginian.hehhe...
thank infonya mbak.
*langsung nyoba registrasi,hehhe

Ra-kun yang sendiRIAN said...

kreatif sekalai ya. semoga bisa berkembang pesat :)

joe said...

wah baru 13 tahun sudah hebat ya?

dEvi said...

@ningnung..hu uh kereen emang, apalagi anaknya juga cakeep..tambah keren de..hahaha :))

@nova..jgn lupa add aku :p

@ra-kun..amin :)

@joe..huuh..canggih ya anak jaman sekarang :D

Noeel-Loebis said...

makasi mba atas infonya.. hehhehe

Mey said...

mantap musti nyoba

dEvi said...

@noeel..kembali kasih :)

@mey..silahkan dicoba :)

mila said...

WHAT?! 13 tahun ??????
Jenius banget tuh, anaknya siapa?

Noeel-Loebis said...

dapet award dari saya... hehehe...

http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/02/bagi-bagi-award-part-five.html

.:diah:. said...

Subhanallah, anak umur 13thn udah bisa buat situs jejaring yg keren itu.. semoga kita selalu bisa belajar tentang Islam lebih detail lagi ya :)
salute bangett buat anak itu...

anyway, thanks for sharing nya lagi Dev ;)

akan segera daftar dan add Devi :D

merry go round said...

Wah hebat, bukan cuma bikin facebook ala Indonesia, tapi juga social media yg islami ya.

Brian Praszt said...

Wihh... keren bru 13 th udah bisa mengembangkan situs jejaring sosial. Jadi penasaran mau liat langsung situsnya.*langsung ke tkp

dEvi said...

@mila..anaknya bapak ibunya lah :p
bapaknya klo ga salah alumni ITB *yg saia tau sih gt*

@noeel..wew, terimakasih..segera meluncur ;)

@diah..okay di, uda di approve :D

@mbak rosa..ya mungkin lebih tepatnya itu mbak :)

@brian..monggo silahkan :)

chikarei said...

keren nih kayaknya^^

icha said...

artikelnya bagus2 :)

kira said...

orang indonesia emang keren2 ya... umur segitu udah kreatiff..

mauna said...

keren mbak postingannya...
salam kenal ya

dEvi said...

@chikarei..keren dnk karya anak bangsa :D

@icha..makasii :)

@kira..sangat kreatif :)

@mauna..makasii yah, salam kenal juga :)

Post a Comment