Jatuh Cinta sama Internet

Feb 16, 2011

Bhinneka.com
Internet (Interconnected-Networking) menurut wikipedia adalah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Tenang, postingan ini tidak akan membahas apa itu TCP/IP atau istilah2 IT lainnya yang pasti bikin pusing :D. Kali ini Saya akan bercerita bagaimana asal mulanya si Internet ini bisa jadi kebutuhan hidup Saya yang rasanya sekarang menjadi satu hal yang tak bisa dipisahkan.

Saya berkenalan dengan internet baru sekitar tahun 2001 or 2002 gitu *telat ga sih?* dan pertama kali bikin account e-mail di telkom.net *Saya juga lupa apa nama email pertama Saya itu*. Waktu itu account tersebut buat ikutan milis jurusan di sekolah, karena kebetulan sejak SMA udah kenal dunia IT *walaupun masih abal-abal*, ya Saya sekolah di sekolah kejuruan SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta dan ngambil jurusan Teknik Informatika. Jaman dulu kan masih susah tuh koneksi internet, selain susah juga mahal banged dan warnet juga masih jarang, jadinya ya nasib account e-mail Saya itu terbengkalai hanya terurus beberapa bulan aja. Sampai akhirnya munculah situs pertemanan Friendster, karena lupa akhirnya Saya bikin account email baru kali ini di Yahoo! sekalian biar bisa YM!-an maksudnya. Dan dari situlah Saya merasa jatuh cinta dengan internet walaupun saat itu hanya Friendster yang bikin Saya penasaran sama internet. Apalagi pada waktu itu baru dibuka warnet di sekolah Saya, jadi setiap jam istirahat dan jam kosong pelajaran langsung deh nongkrong di warnet cuma buat buka Friendster, hehehe. Yang serunya lagi waktu Saya PKL di suatu instansi pemerintah yang ga ada koneksi internetnya dan sangking kangennya pengen buka Friendster, Saya dan satu orang sahabat bela2in keluar kantor buat cari warnet. Sampe2 kami berdua di tegur satpam karena pake seragam sekolah, ya kita masuk mall yang ada warnet didalamnya. Akhirnya berkat lobi teman Saya dengan pak satpam, kita pun di izinkan masuk. Dan bisa berpelukan dengan si Friendster walaupun ga sampai 1 jam karena selain takut dicariin sama orang2 kantor, billing-nya itu loh kaya kuda :D

Penyakit Cinta Tropikangen sama internet dan dunia maya memasuki stadium yang lebih tinggi pada saat Saya masuk kuliah, kali ini lebih banyak berkenalan dengan forum dan situs pertemanan lainnya seperti Facebook, MySpace, Multiply dan lainnya. Dan alasan yang sangat kuat untuk terus berhubungan dan menjelajahi internet adalah karena Tugas Kuliah. Bak seorang dewa, Google sangat membantu Saya dalam menyelesaikan tugas2 kuliah yang selalu kejar-kejaran sama deadline. 

Setelah lulus kuliah Saya lebih aktif lagi bermain dengan internet dari mulai cari kerja, cari tips n trik sampai hobi belanja pun tersalurkan berkat adanya internet, sudah sangat akut Saya rasa. Gaya hidup ber-internet ria ini terus berlanjut sampai sekarang, bahkan mungkin sudah stadium akhir karena akses internet yang semakin mudah membuat Saya tidak bisa lepas dari internet. Klo kata Ari Lasso, Hampa rasanya..ya hampa, sepi, mati gaya klo hidup tanpa internet, apalagi klo lagi nunggu sendirian rasanya klo ga ada yang di utak atik kan gimanaa gituu. Ibarat fashion, internet udah jadi Gaya hidup sendiri bagi Saya dan mungkin juga bagi kalian. Untungnya Saya punya Smarthpone plus subsidi pulsa gretongan, yang bikin Saya ga mau sembuh dari penyakit Cinta Tropikangen ini. Ya Saya sudah terlanjur jatuh cinta dengan dunia maya.

Saya yakin perilaku addict sama internet seperti Saya juga terjadi sama kalian kan? Ya kalian yang sedang baca postingan ini pasti sangat mencintai dunia maya. Kalau memang si internet berdampak positif bagi kehidupan kita, ga ada salahnya terus memperkaya diri dengan pengetahuan2 yang tersebar di awan internet ini. Semua hal bisa kita dapat dari internet. Pernah dengar ungkapan "What You See Is What You Get" yang kalau diarti-in "Apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu dapatkan", Saya sangat setuju dengan ungkapan itu namun yang perlu diperhatikan tidak semua yang didapat dari internet itu baik, karena sesuatu yang tidak baik pun bisa kita dapatkan di internet. So use the Internet wisely :)

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition yang diadakan oleh Bhinneka.com

14 great comments:

Ajeng Sari Rahayu said...

si maya emang addicted banget dev, sehari nggak ng'blog aja dah kangen beratttttttttt :)


Btw, km ng'borong terus ya ikutan kompetisi di maya...sukses ya! moga beruntung :)

joe said...

internet banyak manfaatnya jika kita menggunakan dengan bijak...

mauna said...

Memanfaatkan internet untuk banyak hal yang baik... .

Unknown said...

@ajeng..emang nih si maya, pake pelet apa yah, hehe :D
amin..iseng2 berhadiah jeng, skalian belajar nulis juga..sapa tau beruntung :)

@joe , @mauna..setujuh! :)

ica puspita said...

wah, ada blog competition lagi awal tahun... met berjuang ya :)

TM Hendry said...

Kurang lebih sama mungkin ya pendapat Mba Devi dgn saya.

Karena memang skrang2 yg namanya ngeNet ghitu bknlah barang langka lg, kita bs lihat dr populasi warnet, hampir setiap sudut kota n desa menjamur....

O ya, mungkin saja k dpn Mba devi tertarik untuk berbisnis sampingan, katakanlah buka usaha warnet, untuk melengkapi rasa cintanya itu...jiehhehee...

Siapa tw ya...Amieeen...

Diah Alsa said...

hohoh, ternyata sama ya Dev, jaman SMA dan karena Friendster itu kita jadi bela2in melakukan kegilaan hanya tuk sekedar mengintipnya, hihihih

semoga kita menang ya Dev, Amiiiiiiiiinn.....

Suciati Cristina said...

i'm in
gimana ngga...susah ngga ketemu internet satu hari aja. mau ngga mau, ato karena kebutuhan untuk nemuin data, ato penasaran sama istilah / apapun, answer my ask. .tapi jgn di tuhankan loh yah :D


smoga menang pon :D

Unknown said...

@ica..tankyu yaa :)

@mr TM..ide bagus sih itu, tapi sayang uda keduluan tetangga saia :D
nanti saia cari tempat lain aja de ya..hehe, eniwei tq yaa :)

@diah..toss dulu klo gt :D
amiinnnn :)

@ucuy..hu uh bgd, uda ketergantungan bgd nih sama mr.gugel..manjaa :D
amin, tq cuy :)

Unknown said...

Semoga menang ya dep...
bener tuh, harus dipilah piih n dicerna juga info yang kita dpt dr Internet yah...

dek siti said...

semangat ya mbk buat lombanya :DDD

"ga semua info di internet bisa kita percaya" - kata guruku ehehe

Yhantee said...

ya ya ya.....dunia maya banyak manfaatnya, tapi jika digunakan secara positif...
salam kenal mbak devi.... ^_^

r10 said...

saya juga suka internet, tapi saya cukup terlambat meng-explore internet

seandainya saya mengenal ngeblog sejak lama :(

* really2 love blogging ^^

Afrilita Pandan Dici said...

wah,kak dev lebih cepat mengenal internet dari pada saya..saya kenal internet kelas II sma sktr tahun 2005,,agak telat banget menurut saya..

sekarang jadi cinta sama internet dan menjadikan internet pekerjaan menghasilkan uang..^__^

Post a Comment