Youtube Live

Apr 26, 2011

youtube live
Siapa sih yang ga tau YouTube? kebangetan klo penghuni dunia maya belum pernah mendarat di situs web video sharing terpopuler ini. Yaa klo pun ga tau, at least pernah denger lah yaa. YouTube bisa jadi most visited bagi penghuni dunia maya yang hobi nonton video klip atau nyari rekaman konser artis favoritnya. Atau mungkin liat-liat video lucu buat refresh otak? bisa jadi..Bahkan di YouTube tersedia tutorial lengkap tentang cara ini itu loh dan Saya pernah nyari video lock picking di YouTube karena terkunci dirumah sendiri -.-" see? YouTube bisa sangat bermanfaat kan klo kita menggunakannya dengan bijak *wink. Oiya satu lagi, YouTube juga bisa mengorbitkan artis dadakan, seperti Sin-Jo dan Briptu Norman :D

Nah seiring dengan perkembangan teknologi, Google sebagai pemilik YouTube (red-sejak tahun 2006) telah meluncurkan sebuah homepage untuk konten live dan platform live streaming baru dengan nama layanan "YouTube Live". Situs ini dibuat untuk para youtuber (baca : pengguna youtube) agar dapat melihat siaran sebuah acara secara live.  

Pada masa percobaanya selama kurang lebih 2 tahun, YouTube Live telah menayangkan beberapa konser musik secara langsung seperti Konser U2 di Rose Bowl, Pasadena, pertandingan kriket the Indian Premier League, dan sebuah pidato Presiden AS Barack Obama. 

Setelah masa percobaan itu barulah saat ini YouTube meluncurkan layanan YouTube Live Beta, dimana layanan ini  mencoba siaran langsung dari pihak ketiga (mitra kerja). Dan untuk memanfaatkan fitur ini, penyedia konten cukup menggunakan webcam atau kamera eksternal yang terhubung lewat USB atau Firewire. Serunya lagi selama siaran langsung, pemirsa juga punya kesempatan melakukan live comments. Hemm ada yang berminat jadi mitra kerja nya YouTube? Eits, ga sembarangan acara bisa ditayangkan di YouTube Live karena hanya mitra kerja pilihan lah yang bisa menyiarkan acaranya di YouTube Live.

fashiontv 
Fashiontv, salah satu channel yang bisa dinikmati di YouTube Live

Untuk tau acara apa saja yang akan ditayangkan, YouTube menyediakan sebuah jadwal interaktif. Jadwal itu bisa dilihat di blog resmi YouTube, lengkap dengan kode embed untuk direkatkan pada situs atau blog manapun.

youtube live 
Screenshot jadwal interaktig YouTube Live

Dan gosip nya juga nih, YouTube sedang merencanakan perbaikan besar dan tengah melakukan negosiasi dengan industri perfilman Hollywood dan para produser musik untuk menawarkan barisan channel terbaru, yang bertujuan untuk bersaing dengan siaran dan televisi kabel. Seru juga kan klo bisa nonton konser Marron 5 via YouTube Live *dreaming*

sumber :
http://tekno.kompas.com/
http://www.detikinet.com/
http://tekno.liputan6.com/

14 great comments:

Ajeng Sari Rahayu said...

wah, aku ngefans juga ama Maroon 5 Dev!

aku kok malah jarang nyari2 tutor di youtube Dev, seringnya nyari di google :D
eh tapi seru ya, kalau liat2 tutor cara make jilbab gitu ...Thanks infonya Dev, kalau ada info lain share juga ya...hehe

riesta said...

aku jarang buka youtube dikarenakan koneksi internet yg kaya keong....hahahahaha

Nadia Meutuah said...

ikutan ajeng n riesta yah... gw juga Fans beratnya Maroon 5, trus gw jarang buka youtube juga krn emang lemot bgt kalo dirumah, kalo dikantor u know lah dep, :P

tapi makin keren aja ya youtube, secara udah ngorbitin banyak orang tekenal kaya bieber n kamaru ituh..

ningnung said...

akuh stujuh sama riesta, bufferingnya bikin males deh kalo buka you tube, eheheheh

ningnung said...

dv, masi suka maen ke FD ga? mau ada event hijab workshop tuuu.. tgl 1 ntar, cuman belum ditentuin tempatnya dimana. ikut yuukk.. sekalian kopdaran lagih, hehehe.. ajak uci dkk juga kalo mau ya :)

mila said...

klo diliatnya pke koneksi internet disini kira2 bikin esmosi ga ya? hahahaa

mayank said...

wow seru seru...

kadang youtubenya suka ngambek kalo sinyalnya lelet mb dv...

oya mb aku tuh follow mb dv, tapi kok nggak ada notif update ya di tempatku jadi sering ketinggalan gt :(

Gaphe said...

sekarang Yutub makin komplit aja yak!. keren.. saya taunya cuman liat videonya aja, tapi sekarang bisa liat jadwal juga. hohoho.. era baru visual ini mah ceritanya

chici said...

Hihi kalo buka youtube = melatih kesabaran Dev, luaaaamaaaaaaa sekaleeeeeeeee....

Rose said...

kirain cuma bisa upload ato download doank, padahal banyak yo..:)

Ay said...

kalo saja ada livenya Metallica...Uuughhh..pengen liat..!

Putri Baiti Hamzah said...

Hihiii..same with riesta...aku juga suka males buka youtube..soalnya koneksi i-netnya kayak siput ngesot,heheh..

Kangen, udah lamu aku nggak mampir >,<

bukan detikcom said...

wew...makin manteb ajah nih si mbak yutup...jangan-jangan besok hari...briptu norman goyang chaiya-chaiya secara live :D

ninda~ said...

uuuuuhhh lemot mbak kalo dipake streaming huhuhuuu... makasih mbak komentar penyemangatnyaaaa
supangaaattt ^^9

Post a Comment