Untuk apa dibuat Nazca Lines?

Apr 21, 2012

Melihat archive di blog ini, tahun lalu Saya pernah bercerita tentang UFO[ufoan] dan Area 51 yang keduanya masih menyimpan misteri sampai saat ini. Dan sekarang Saya mau share tentang Nazca Lines. Apa itu Nazca Lines? Apa ada hubungan nya sama UFO dan teman-temannya? Yang pasti Nazca Lines juga banyak menyimpan misteri yang belum terungkap.

Nazca Lines menurut wikipedia merupakan rangkaian geoglif yang terletak di Gurun Sechura, khususnya di Gurun Nazca, daerah yang panjangnya lebih dari 80 km antara kota Nazca dan Palpa di Peru. Kawasan tersebut terletak di sebelah selatan ibukota Peru, Lima. Lalu apa yang membuat tempat tersebut misterius? Rangkaian geoglif yang di temukan di Gurun Nazca tersebut berukuran raksasa dan hanya bisa di lihat dengan jelas melalui udara. Bukan hanya itu, yang lebih menakjubkan lagi, beberapa sketsa Nazca Lines merupakan gambar-gambar yang memiliki bentuk serta presisi yang luar biasa. Sebagian lagi yang terlihat di dataran Nazca merupakan garis-garis lurus panjang dan menyilang satu sama lain. Memang terkesan tidak beraturan, tetapi adanya garis lurus yang sangat panjang di sebuah gurun pun sudah merupakan keunikan tersendiri. Total area yang meliputi seluruh Nazca Lines terbentang hingga seluas 500 kilometer persegi.

nazca picture 

nazca lines monkey

nazca spider
 Berbagai bentuk Nazca Lines

Asal muasal ditemukannya garis-garis berbentuk di dataran Nazca ini bermula dari cerita penumpang pesawat terbang komersial tahun 1920-an yang melintas daerah Nazca dan mengaku seperti melihat garis-garis samar membentuk berbagai macam bentuk makhluk hidup dengan dimensi yang besar. Dari situ kemudian banyak peniliti datang untuk melihat langsung. Seorang peneliti Jepang menemukan bahwa ternyata sketsa-sketsa raksasa tersebut tidak hanya terdapat di lahan datar, tetapi juga di daerah yang sama sekali tidak landai (perbukitan). Dengan ukuran yang luar biasa besar dan presisi yang luar biasa, sepertinya hampir mustahil garis-garis ini hanya dibuat dengan peralatan yang primitif. Dan misteri inilah yang masih menjadi teka teki bagi bagi para peniliti.

nazca pic 
Salah satu sketsa Nazca Lines 
yang terlihat di daerah perbukitan

Seorang peniliti dari University of Kentucky, Joe Nickell menemukan adanya batang kayu di sekitar lokasi Nazca Lines. Dari analisis karbon yang dilakukan, diketahui bahwa batang kayu tersebut berumur sama dengan gambar-gambar raksasa di Nazca Lines. Joe Nickell kemudian mencoba untuk membuat tiruan sketsa Nazca Lines. Ternyata, dengan peralatan yang sederhana dan perencanaan yang matang, sebuah tim kecil dapat membuat gambar yang paling besar sekalipun hanya dalam hitungan hari. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menyingkirkan lapisan kerikil yang menutupi Gurun Nazca. Kerikil dan batu yang terdapat di Gurun Nazca memiliki kandungan oksida besi yang membuat daratan di sana terlihat agak gelap. Ketika lapisan kerikil tersebut diangkat, maka lapisan tanah di bawahnya yang berwarna kontras akan memberikan kesan garis/gambar.

gambar nazca
 Lapisan kerikil yang diangkat membentuk garis

Di pikir secara logika, klo emang hanya dengan menyingkirkan kerikil kenapa Nazca Lines bisa tahan sampai ratusan tahun? Jawabannya adalah karena kondisi Gurun Nazca yang kering, hampir tidak berangin, dan memiliki cuaca konstan sepanjang tahun. Namun sayangnya, saat ini keberadaan kawasan tersebut terancam oleh perubahan cuaca dunia serta polusi dan penebangan hutan liar di daerah sekitarnya. Dengan kedalaman garis yang hanya 10 hingga 30 cm, Nazca Lines bisa tersapu bersih jika terjadi hujan deras. Dan pertanyaan lain muncul ketika sudah mendapatkan titik terang mengenai cara pembuatannya, yaitu tujuan dibuatnya sketsa-sketsa raksasa itu. Untuk apa yah kira-kira?

nazca lines
 Seorang photografer bernama David Min mengabadikan 
kawasan Nazca Lines melalui udara
(http://www.flickr.com/photos/david_min/6956829279/)

Seorang penulis yang berasal dari Swiss menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Chariots of the Gods bahwa Nazca Lines merupakan tempat mendaratnya pesawat alien. Sketsa gambar yang ada merupakan 'sinyal', sedangkan garis-garis lurus yang terbentuk di sekitarnya merupakan 'landasan'. Tidak sependapat dengan itu, peneliti lain bernama Robert Bast menduga bahwa Nazca Lines dibuat sebagai monumen untuk mengenang banjir besar yang pernah melanda kawasan tersebut. Ini terlihat dari gambar-gambar hewan yang terlihat seperti kumpulan mayat. Lalu, ada lagi Michael Coe yang menyatakan bahwa Nazca Lines dibuat sebagai tempat diselenggarakannya ritual. Lalu ada Maria Reiche yang mengatakan bahwa gambar-gambar raksasa tersebut merupakan gambaran konstelasi bintang seperti Orion dan Ursa Mayor. Yang lain mengatakan bahwa sketsa Nazca Lines merupakan ‘pesan dalam botol’ (message in the bottle) yang ingin disampaikan ke generasi selanjutnya. Dan sebagian lagi mengatakan, gambar-gambar Nazca Lines dibuat penduduk Nazca agar para dewa dapat melihat mereka dari atas.

nazca pelican 
Apakah ini yang disebut sebagai 
landasan pesawat luar angkasa?

Para pendapat ahli tersebut sampai sekarang masih menjadi misteri tujuan dibuat nya Nazca Lines tersebut. Dan saat ini Nazca Lines sudah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Daftar Warisan Dunia (World Heritage Site). Satu hal lagi yang menarik mengenai wilayah ini yaitu ditemukannya sebuah kota bernama Cahuachi di sebelah selatan kawasan Nazca Lines 

kota cahuachi nazca 
Kota Cahuachi yang berada di dekat kawasan Nazca Lines 

Diperkirakan, kota Cahuachi dibangun 2000 tahun yang lalu, namun ditinggalkan 500 tahun kemudian karena berbagai bencana alam yang terjadi. Sebelum meninggalkan kota tersebut, penduduk setempat menutupinya dengan pasir sehingga Cahuachi menjadi kota yang tersembunyi. Dengan ditemukannya kota Cahuachi, para peniliti berharap bisa mendapatkan petunjuk yang lebih jelas tentang Nazca Lines.

Gimana, ada yang berminat untuk ikutan mencari tahu apa sebenarnya tujuan dibuatnya Nazca Lines?


sumber : http://xfile-enigma.blogspot.com/

8 great comments:

Filia said...

Waaaa aku baru tau tentang nazca lines.
Hmmm, banyak misteri juga ya di dalamnya

uci cigrey said...

aseli bacanya kaya cerita kisah ngga nyata gitu, unbelievableh :D
ini labelnya hobby lagi, :))

chici said...

Hmm... aku jua baru tau ini tentang Nazca Lines Dev, tapi sketsanya keren-keren ya... Unik (>o<)b

zachflazz said...

iya, bener pertanyaannya. buat apa ya mereka bikin itu. senikah itu? tapi ya itu tadi, buat apa ya?

matahari said...

saya baru dengar malah mbak :)

oh iyya salam kenal,
blognya menawan. suka bgt model postingannya, special buat fontnya

Mila Said said...

waaah keren.. klo menurut opini aku sih itu dibuat manusia jutaan tahun lalu untuk kepentingan seremoni keagamaan gitu, jd aku ikut pendapat klo gambar itu adalah untuk memuja dewa2nya.
soalnya klo diperhatiin itu gambar2 bentuk hewan biasanya emang hubungannya sama dewa2 gitu sih. Ah tapi itu gede banget, super keren.. jd pengen kesana hihihiii

dEvi said...

@filia..iyah nazca lines memang masih menyimpan misteri

@ucuy..kisah nyata inihhh beneran ada..
isshhh..merhatiin aja lagih :))

@chici..iyaah unik dan ukurannya itu besarr bangett

@matahari..makasiii..salam kenal jugak :)

@mbak mila..bisa jadi juga sih itu buat ritual keagaman mereka,klo ga salah ada peneliti yang berpendapat ky gt..
coba deh mbak kesitu, nti aku bagi ceritanya yaaa :D

outbound training di malang said...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
Saat harapan mu belum terwujud maka jaganlah kamu berhenti berharap dan teruslah berusaha.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

Post a Comment