Pakai helm ber-SNI yuuk!!

Apr 13, 2010

Aturan menggunakan helm ber-SNI sudah mulai diterapkan pada 1 April lalu..udah pada tau kan?? udah lah ya apalagi yang sehari harinya beraktifitas dengan mengendarai motor..sebenernya tanggal 1-10 April kemarin masih tahap sosialisasi, jadi yang belum menggunakan helm ber-SNI belum ditilang tapi hanya diingatkan untuk segera mengganti helm nya dengan helm yang ber-SNI..nah untuk selanjutnya baru deh ada tindak lanjut nya bagi yang melanggar akan dikenakan denda hingga Rp.250.000

Sebelum aturan ini diberlakukan, banyak banget pro dan kontra..sebenernya sih yang menjadi adanya pihak2 yang kontra karena sebagian dari  mereka ada yang menggunakan helm berstandar Internasional DOT dan Sneel yang dimiliki oleh merk tertentu dengan harga jauuuh lebih mahal dari helm berstandar SNI,  pertanyaannya "Apakah jika menggunakan helm Arai (salah satu merk helm dengan standarisasi DOT dan Sneel) seharga Rp 7 juta rupiah maka dilarang?"  Hmm, biarlah hukum yang bicara *gag ikut2an maksudnya, hoho*

Helm ber-SNI

Yaa..setidaknya aturan ini bisa bikin kita lebih aware akan pentingnya kesalamatan dalam berkendaraan khususnya mengendarai sepeda motor. Dan klo ada yang nanya helm merk apa aja sih yang udah berstandar SNI?? aku punya jawabannya disini..tapi klo harganya berapa, tanya sama yang jual aja yaa :D
Berikut merk-merk helm yang sudah ber-SNI :
1. NHK
2. GM
3. VOG
4. MAZ
5. MIX
6. INK
7. KYT
8. MDS
9. BMC
10. HIU
11. JPN
12. BESTI
13. CROSX
14. SMI
15. SHC
16. OTOKOGI
17. CABERG
18. HBC
19. Cargloss Helmet

Dan menurut Ketua Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI) bapak John Manaf bahwa jumlah diatas akan bertambah.

Klo yang ini helm-helm ber-merk terkenal yang belum memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) antara lain :
1. Nolan
2. Arai
3. AGV
4. Shoei
5. Shark
6. KBC dan lainnya.
Klo menurut ku sih, pakai helm aja belum cukup klo kita bener2 peduli akan keselamatan dan kesehatan diri kita sendiri..sebaiknya selain pake helm yang save, lengkapi dengan jaket, sarung tangan dan masker. Toh balik lagi itu semua buat kita juga..ya kannnn?!

Baiklah akhir kata dari saia..Utamakan Keselamatan kawans!!

sumber 1
sumber 2

24 great comments:

inge / cyber dreamer said...

wah baru tau ada helm merk Arai *tersipu*

yup setuju...utamakan keselamatan...
walau dah pake helm ber SNI bukan berarti boleh ugal2an saat berkendara kan :D

have a nice day ^^

.:diah:. said...

pertamax ya ini?? hehehhh...

thanks for sharing yaaa Dev, ntar tak kasih tau kku aahhhh *secara daku gk berkendara, cuma bisa naik sepedaan* :D

Bukan Sekedar Blogger Bertuah-TUKIRAN said...

wahhh untung aja helm dirumah udah termasuk SNI h eh ...tapi kayaknya belum ada razia ni helm SNI di Riau...terima kasih sob atas daftar produk yang sudah di SNI.ijin copy.....oya Sobat...saya sudah pasang link blog ini di blogroll "sahabat-sahabat terbaikku"...tukeran link ya..untuk mempererat silaturahim....terima kasih

Dunia X Download said...

Selamat sahabat, kamu dapat award !!

Silahkan lihat disini...

Makasih.. ^__^

dEvi said...

@inge..hihi..br ngeh Arai yg km maksud itu :D
yap setubuh eh setujuh :D

@diah..sayang skali anda gagal di :p
okay info kan ke sanak keluarga ya di :D

@bukan sekedar..sebelum di razia, pastikan sudah pakai yg ber-SNI yah :)
makasi uda mampir dan di link.. ^^

@dunia x..wiw dpt award, makasii yaah..segera dijemput :)

merry go round said...

Berhubung ngga bisa pake motor, ngga mau belajar pake motor, ngga tertarik beli motor, dan lebih suka diboncengin :p jadi kurang ngerti jenis2 helm. Tapi ngeh sih klo sekrang msti pake helm SNI, mulai sekarang jadi lebih bawel klo mau nebeng, musti pake helm berSNI :D

♥ria♥ said...

wah aku belum punya helm kaya gtuh :D
masih make helm bonus dari motor

Ladyulia said...

wah
ndak motor aja ndak punya,,,,
gimana dong???
hehehhe

KucingTengil said...

Slain memakai helm, tentu para pengguna jalan raya khususnya yg bermotor, mematuhi rambu2 dan tidak ngebut dijalanan. Percuma aja pake helm ber SNI atau mahal2 jika melanggar peraturan lainnya dalam berkendara^^

tapi, gile banget ya. ada helm harganya yg 7 juta. baru tempe mianya. Mahal buangeeeeet

inge / cyber dreamer said...

ada tag n award di blog aku
ambil yaaaaaaaahhhhhhh

ra-kun said...

wah, infonya bagus nih ^^

dEvi said...

@merry go..walopun nebeng tetep taat aturan ya mbak :)

@mbak ria..hihihi, di cek aja helm bonus nya uda SNI blm :D

@ladyulia..klo gt beli motor dulu :p

@miaww..yaps setujuh..
iya aku jg br tau pas baca2 artikel dr sumber..tp klo uda hobi, hrga ga jd masalah apalagi emang ada duitnya, hehehe :D

@inge..makasiii nge, segera dijemput :)

@ra-kun..tq, smg bermanfaat :)

uci cigrey said...

nah ini uda bisa kebuka komennya, kirain ora iso pon.

ber SNI, ditilang yah, kenapa ngga dari dlu disuru SNI yah..
hati hati dalam berkendaraan :D

Anamsuperlink said...

Demi keamanan :)...

Diana Afiifah said...

weleh 250.000 , mahal edan O.O

tapi tenang tenang aja , kan udah pake helm SNI :D

dEvi said...

@uciL..kadang2 si proxy emang bs cil, aneh emang o_O
hmm..knp yah..gag tau jg saia :D

@anamsuperlink..yaps, benaarr..makasi uda mampir ya :) tunggu kunjungan balik dr saia..

@diana..bagooeessss klo uda SNI :)

andi and riesta said...

wah,,,sampe skarang aku masih belum punya helm ber-SNI...
hehehehhe,,maklum,,,kmana-mana numpang...heheheh

dEvi said...

hohoho..klo gt tebengannya suru pake helm SNI ris :D

Den Hanafi said...

saya pake kyt. alhmdulilah, ga jadi ditilang deh.

Ladyulia said...

di tunggu ya say,,, postingan terbarunya,,,,
gak sabar nunggu info selanjutnya,,,

xoxo
YULIA RAHMAWATI
Get Up,Survive, Go Back To The Bed

tealovecoffee said...

hehe.. baru tau ada merk2 kyk gitu.. buta bgt ma dunia otomotif @_@

moga kita iklas pake helm demi keselamatan, bukan cuma gara2 aturan aja ya ;p

phonank said...

Sebelum ada desas desus ini, phonank udah pke helm yang berlogo SNI lhooo...

merknya BMC,, hihihihi....

eh..eh.. kok Shoei belom dapet SNI yah..??

padahal harganya mengalahkan helm-helm yg sudah ber-SNI

dEvi said...

@denhanafi..alhamdulillah :)

@ladyulia..makasii ya uda setia mengunjungi, nantikan postingan brikutnya :D

@tea..iyap bagaimanapun keselamatan hrs diutamakan :)

@phonank..bagooesss :D
Shoei blm ber-SNI tp mungkin uda berstandar internasional (DOT dan SNELL), emang itu yg jadi kontra di kalangan masyarakat..

Arip Subagja said...

banyak juga nih merknya, tapi jangan sekedar pake helm doang pake juga jaket motor biar tubuh terjaga selalu saat berkendara sob :)

Post a Comment