Baby First, tayangan untuk si anak

Jun 18, 2014

baby first channel

Menuju 10 bulan usia Kinan, makin banyak aja tingkah polah yang bikin Saya senyum-senyum sendiri dan berlanjut nguyel-nguyel si bebih. Sekarang ini lagi seneng banget nonton channel Baby First.

Baby First adalah tayangan yang dibuat untuk perkembangan batita mulai dari pengenalan kata, belajar berhitung hingga kreatifitas. Karakter nya juga lucu-lucu, namun dari sekian banyak karakter yang jadi favorit dan langsung menarik perhatian si anak adalah Larry, Hopla, Magic Box, Sammy and Eve, dan Peek A Boo. Dan lucunya nih klo lagi main sendiri terus Saya tiba nyanyi "Peekabo, i see you!" langsung deh noleh ke arah tv terus ngeliat Saya sambil senyum-senyum centil, hihihi. Ini juga jadi senjata kalau lagi susah maem, di duduk-in depan tv, ganti channel Baby First, lupa deh sama GTM nya. Saya sendiri juga suka sama program-program yang ditayangkan, lagu-lagunya ceria, asik dan si anak juga bisa ikut belajar sambil nyanyi-nyanyi. Sayang sekali untuk tv lokal jarang ada tayangan khusus anak seperti ini, ya tau sendiri lah sekarang dominasi tayangan tv lokal itu sinetron dan ala ala nya.

Tapi selain ada sisi positif nya, ada beberapa juga yang berpendapat lain. Kenapa Saya bisa bilang begini? karena sebelum nulis ini Saya browsing tentang tayangan untuk anak. Disalah satu forum ada yang bilang kalau idealnya untuk baby belum boleh nonton tv karena organ matanya belum siap menerima banyak warna dalam tayangan tv, dan kalau dari sisi perkembangannya nonton tv kan hanya duduk diam, sedangkan untuk usia baby itu saatnya perkembangan motorik. Jadi kalau nonton tv cenderung pasif si anak (cmiiw). Mungkin jalan tengahnya, porsi nonton tv nya harus diseimbangkan, ga mungkin kan seharian si anak dikasih tontonan tv terus. Paling ga maksimal 1 jam waktu untuk si anak nonton tv.

Tapi balik lagi sebagai orang tua yang bisa dilakukan adalah cari informasi sebanyak mungkin dan tentukan yang terbaik untuk si anak. Berikan tontonan yang memang khusus ditayangkan untuk anak-anak, dan jangan lupa juga dampingi si anak selagi nonton tv.
 

4 great comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

orang tua punya andil besar untuk menentukan tontonan yang baik untuk anak2nya ya, jangan sampai salah pilih

Devi Hidayatullah said...

Mama Cal-Vin..setuju mbak, semua ga lepas dari kontrol orang tua

Mila Said said...

hebat bayi jaman sekarang, ada stasiun tivi khususnya

Yessi said...

Yang penting didampingi dan tidak berlebihan. Sekarang banyak yang bisa dimanfaatkan untuk stimulasi anak, dan yang lebih top lagi ibu-ibu muda sekarang pintar2.. Bisa cari tau apa yang terbaik untuk anaknya, begitu ya mbak ?

Post a Comment