ASI, untuk si buah hati

Feb 11, 2015

ASI (Air Susu Ibu) jadi salah satu yang harus dipersiapkan oleh calon Ibu. Mungkin banyak dari kita yang "mengentengkan" pemberian ASI untuk bayi. Dan hasilnya ketika bayi lahir dan harus mendapatkan hak nya ASI Exclusive selama 6 bulan pertama menjadi terabaikan oleh sang Ibu.

Sebenarnya tulisan ini terinspirasi dari cerita beberapa teman yang sangat disayangkan ketika anaknya lahir sudah diberi susu formula, alasannya karna ASI nya ga keluar. Saya memang bukan aktifis ASI dan juga tidak menyalahkan mereka tapi koq rasanya sedih ya denger alasan itu, padahal ASI itu bisa dirangsang keluar ketika si anak nenen langsung dari puting Ibunya. Sangat bersyukurlah Saya karena Alhamdulillah sampai sekarang umur Kinan memasuki 1.5 tahun, Kinan masih minum ASI. Dan setelah 1 Tahun baru Saya campur dengan susu UHT dan susu formula. Yak, ASI Exclusive itu selama 6 Bulan ya cuma minum ASI tok, untuk 6 bulan berikutnya barulah ASI + MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Dulu sebelum Kinan lahir, Saya sama sekali buta tentang ASI. Dan setelah memasuki masa hamil barulah Saya banyak browsing dan membaca tentang pemberian ASI, penyimpanan ASI sampai bagaimana cara supaya produksi ASI lancar. Dan buku yang paling banyak memberi tahu Saya tentang ASI adalah Catatan Ayah ASI. Dari buku itu juga Saya jadi tahu bahwa untuk mendukung program ASI exclusive itu bukan hanya peran Ibu tapi juga peran Ayah dan seluruh anggota keluarga. Alhamdulillah, si suami sangat mendukung upaya pemberian ASI Exclusive.

bayi asi 
Ini waktu Kinan umur 6 bulan, masih cempluk2nyah :D

Setelah melihat beberapa pengalaman teman-teman Saya yang belum bisa memberikan ASI exclusive buat si bayi, sepertinya memang diperlukan menggali informasi seputar ASI sebelum kita punya anak, karena manfaat dari ASI sendiri buanyak banget salah satunya bikin si anak ga gampang sakit, walaupun Kinan diumur 7 bulanan, masuk RS 2x..hiks tapi Saya percaya ada kekuatan lain dari ASI. Pasti kan kita sebagai orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Maka dari itu sudah seharusnya para ibu dan calon ibu memperkaya diri dengan pengetahuan seputar per-ASI-an. Saya sendiri juga masih terus belajar dan menggali info tentang per-ASI-an ini, maklum lah baru anak pertama belum banyak pengalaman. Mungkin lain waktu Saya cerita tentang pengalaman ngASI dan drama gigit-gigitan Kinan, huhuhu. 

Untuk langkah awal buat yang mau menggali info tentang per-ASI-an mungkin bisa follow twitter nya @ID_AyahASI atau @aimi_asi bisa juga langsung ke website nya ayahasi.org atau aimi-asi.org . Itu hanya beberapa contoh forum sih, mungkin ada juga yang sering datengin forum serupa, bole donk dishare ...

Air Susu Ibu adalah hadiah yang sangat berharga yang dapat diberikan pada bayi..
Dalam keadaan miskin mungkin hadiah satu-satunya..
Dalam keadaan sakit mungkin merupakan hadiah yang menyelamatkan jiwanya.. ~UNICEF

Selamat dan Semangat ngASI buibu.. 

20 great comments:

Anton Wijaya said...

ASI eksklusif konon kabar juga bisa meningkatkan kecerdasan dan imunitas anak. Namun, sayang juga ibu-ibu yang tidak bisa memberi asi pada bayi karena penyakit shg asi tidak bisa keluar secara normal, jadinya terpaksa kasih susu bantu.

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Allhamdulillah aku bisa memberikan ASI juga buat anak-anak

Fikri Maulana said...

Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

www.fikrimaulanaa.com

Corat - Coret [Ria] said...

hidup ASI ^_^ semangat ya dev sampe nt lulus S3

Aneh Tapi Nyata said...

Sebaik atau Semahal apapun Kualitas Susu Instan tidak akan pernah bisa sebagus kualitasnya dengan Air Susu Ibu Alami. Saya waktu kecil kata mama sampai 2 tahun masih hisap ASI, tapi dengar dengar juga kalau lebih dari 2 tahun ASI kualitasnya sudah tidak baik.. Keren mba blognya, Simple !! Selera warna sama dengan ku yang cerah2 hehe

Alamanda said...

Setuju banget sist. Paling kece kalau bayi diberi asi dari kecil. Nice info banget sist ^^

kreatif dan Positif Thinking said...

memang betul..asi lebih bagus daripada susu tambahan lainya

Rere said...

Perjuangan rempong mompa sana sini terbayar ketika melihat anak sehat dan ceria ya dev. Semangat ya menyusui kinan sampe 2 tahun :)

Ninda said...

lucunyaaa mbaaakkk :)))

Achmad Fazri said...

Gizi asi tidak bisa dibandingkan dengan susu formula...Tapi masih banyak aja kaum ibu yang tidak memberikan asi eksklusif pada bayinya selama 6bulan full...

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Chelin 1995 said...

tetangga saya ada yg asinya nggak keluar padahal anaknya udah 2, knapa ya itu mbak?

pondokinfo.com said...

Meski bekerja, saya tetap berusaha pumping ASI dikantor jadi Endry bisa menikmati ASI sampai 2 tahun, Alhamdulillah jarang sakit...ASI murah, biaya ke dokter jg minim jd uangnya bisa dipakai untuk beli buku atau mainan :)

diah alsa said...

hidup ASI, Alhamdulillah Faraz juga sampe sekarang terus ASI dan gak ada minuman lain even itu air putih doang. waktu abis imunisasi BCG sempat demam malamnya tapi saya cuma kasih ASI terus semalaman sampe besoknya, Alhamdulillah demamnya wuuuzz hilang. beberapa hari lalu sempat dikasih obat gegara Faraz kena bisul, nangis2 rewel mungkin karena nyut2 sakit. coba dikasih Sanm** yg ada kandungan pereda nyerinya tapi malah dilepeh, dikasih minum air putih juga setelah obatnya masuk tetap air putihnya itu dilepeh.

Cara Meninggikan Badan said...

Kata mamah saya. kalo punya bayi, harus dikasih asi 6 bulan full. Baru setelah 6 bulan boleh dikasih pisang ato yg lain .. hehe

Beberapa tips kesehatan untuk anda semua Cara Menurunkan Berat Badan , Cara Meninggikan Badan , Cara Mengatasi Rambut Rontok , Cara Mengatasi Keputihan , Cara Berhenti Merokok , Cara Menghilangkan Bau Kaki , Cara Menghilangkan Panu , Cara Menghilangkan Karang Gigi , Cara Menurunkan Kolesterol , Cara Mengatasi Insomnia . Semoga bermanfaat :)

jaka said...

terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

tejo said...

makasih gan infonya dan salam sukses

Informasi Unik dan Menarik said...

Di toko-toko masih banyak banget yg jual susu formula di bawah 1 tahun, jadi banyak juga ibu yang enggan memberikan asi selama 6 bila full kepada anaknya.

jaka said...

mantap gan artikelnya dan sangat menarik

tejo said...

terimakasih bos buat infonya dan semoga bermanfaat

Post a Comment