Sotoji, cara baru menikmati Soto

Mar 13, 2012

Soto identik dengan soto ayam atau daging, nah klo soto jamur ada yang pernah coba? Saya baru aja kemarin cobain Soto jamur, namanya Sotoji. Bikinnya gampang, maklum lah Saya kan anak rantau yang jauh dari orang tua jadi klo masak sukanya yang instan-instan. Apalagi klo ide masak memasak sedang stuck, atau persediaan sayur dikulkas habis ya terpaksa lah buat menu instan yang ga jauh-jauh dari telur ceplok dan nugget.

Nah sekarang ada Sotoji yang bisa jadi menu tambahan di kala ga mau repot-repot ngupas bawang, ngulek cabe buat bikin Soto Jamur. Trus rasanya gimana? Nah ini nih yang penting, pertama lihat kemasan Sotoji ini terbayang rasanya yang seger liat sohun yang disiram kuah soto. Bereksperimen lah Saya membuat Sotoji ala Saya. Karena baru pertama kali tau produk ini jadi Saya mengira-ngira ada apa didalam kemasan berwarna hijau segar ini.

Sotoji

Setelah dibuka didalamnya terdapat 4 bungkus plastik kecil yang terdiri dari bumbu utama (1), minyak soto (2), bubuk cabe (3), dan jamur tiram goreng (4). Tadinya Saya pikir yang bungkusnya paling besar itu isinya bawang goreng atau sayuran kering tapi ternyata itu jamur tiram goreng pemirsa. Dan jamur tiram ini lah yang membuat rasa Sotoji jadi unik. Fyi, jamur tiram ternyata banyak kandungan gizi nya juga, diantaranya mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

soto jamur 

Cara masaknya hampir sama dengan mie instan pada umumnya hanya yang berbeda disini adalah jamur tiram goreng nya ikut direbus bersama sohun. Nah karena Saya punya 3 bungkus Sotoji, jadi Saya ingin bereksperimen di percobaan bungkus pertama ini dengan tidak merebus jamur bersama sohun melainkan ditaruh di mangkok bersama dengan bumbu-bumbunya. Dan inilah penampakannya.

sotoji soto jamur isntan

Setelah lihat penampakan ini baru de Saya mau komentar tentang rasa. Rasa Sotoji ini enak, kuahnya segerrr dan berasa banget rasa Soto nya. Nah tapi ada yang kurang nih, klo menurut Saya si jamur ini koq agak alot yah, butuh kekuatan ekstra untuk mengunyah nya, tekstur rasa jamurnya sendiri juga kurang terasa. Klo di lidah Saya malah berasa ayam, hehehe..hebat donk yah jamur rasa ayam. Tadinya Saya pikir karena jamurnya ga ikut di rebus bersama sohun jadi si jamur agak alot. Karena penasaran besoknya Saya coba lagi buat Sotoji dengan cara yang dianjurklan yaitu merebus si jamur bersama sohun. Dan inilah hasilnya...

sotoji
Jamur tiram goreng yang banyak itu tuh yang bikin 
rasa Sotoji lebih gemanaahhh getohh *meremmelek*

Dan ternyata memang harus mengikuti anjuran untuk membuat Sotoji, karena jamurnya lebih bisa dicerna dengan baik dari cara pertama diatas. Saya jadi bisa menikmati soto jamur yang sesungguhnya *halah*. Soto jamur ala sotoji ini enaaak, kuah soto nya segerrr, rasa jamurnya unik bikin nagih, kandungan gizinya buanyaakk dan yang paling penting Sotoji ini gampang bikinnya. Gimana, masih ragu buat coba Sotoji??
 

19 great comments:

iwan said...

hmm...suka dengan komentar yang apa adanya ttg jamur yang alot..yang ternyata salah dalam pembuatannya...^^

.:diah:. said...

saya juga masih punya satu loohh Dev, keknya enak banget deh dimakan pas hujan2, panas2 segerr :D

Tabah said...

wah sotoji kolaborasi ama pons ya kwkwkwkwkkwkkk.. . . jadi sausnya x pons nya

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

oh klo gak direbus agak alot ya dev
klo direbus enak kan ya dev kenyal2 gimana gtu hehe aku suka kekenyalan sohun sama jamurnya :P

adi pradana said...

sotoji kusuka...

Gaphe said...

makanyaa baca dulu petunjuknya... mungkin lebih nikmat kalo bungkusnya juga ikut direbus? #plaaak

Ninda Rahadi said...

horeee horeee :D
ehehehe ketawa baca komen bang gaphe

nisha aja said...

jadi mau sob ..:)

outbound malang said...

kunjungan ..
slam sukses selalu .:)

Cerita Tentang Dunia said...

Wah. carinya dimana itu?
toko material ada ga ya?

uci cigrey said...

wah ini kebagian sotoji euy :D
ini coba bisa dibeli di warung gitu

ningnung said...

ini baru ya? kok baru dengeeerrrrrr???

*baru keluar dari gua*

Rizki Putra Dewantoro said...

berkunjung nih, liat-liat juga ke beranda saya ya Soto ala Sotoji
terimakasih :) cek ke tkp

xamthone plus said...

pengen donk nyoba, hihihi

Catatan_Su said...

pengen nyoba...
penasaran gimana rasanya...

*btw salam kenal..

obat alam kanker payudara said...

wahahahh ini dia nih yang lagi rame, tapi nyesel deh setiap saya baca berita SOTOJI, mau coba tapi gak pernah dapet

obat alami darah tinggi said...

duhh ngiler...pengennn..:D

Jelly Gamat said...

mantap ya kalo di santap siang siang, beuhhh

kulit manggis said...

jadi ngiler nih,,, haduhhh

Post a Comment