Batavia Air - Dapat Voucher Delay Pesawat dari Batavia Air

Mar 11, 2012

Delay lebih dari 4 jam dibayar? Yak, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang asuransi keterlambatan telah berlaku sejak tanggal 1 Januari 2012. Dan aturan tersebut berlaku untuk seluruh maskapai penerbangan domestik yang mengalami keterlambatan penerbangan lebih dari 4 jam, maka wajib hukumnya bagi maskapai tersebut untuk memberikan ganti rugi sebesar Rp300.000 diluar pemberian snack dan makan untuk keterlambatan lebih dari 2 jam.

Awalnya Saya sempat berpikir "Apa benar aturan itu akan dipatuhi oleh maskapai?" karena masalah delay atau keterlambatan penerbangan ini sudah jadi "penyakit" semua maskapai di Indonesia, emmm mungkin kecuali maskapai nasional seperti Garuda Indonesia yang bisa menjamin tidak ada delay. Atau ada yang berpendapat lain? *cmiiw

batavia air 

Bulan lalu Saya dapat promo tiket Batavia Air, lumayan lah untuk Pulang-Pergi PKU-CGK dan CGK-PKU masih < 1jt. Apesnya dengan tiket pesawat Batavia tersebut Saya malah kena delay Pulang-Pergi -.-". Dari PKU to CGK Batavia Air mengalami keterlambatan 5 jam. Yak kalian semua tidak salah baca koq, dan Saya juga ga salah ketik. Yang jadwal awalnya boarding jam 17.10 jadi jam 22.00 baru bisa boarding. Beeuuhh..untungnya bandara deket sama rumah dan kantor jadi ga menjamur di ruang tunggu Saya. Dan sudah bisa dipastikan semua penumpang berteriak minta ganti rugi dan mendatangi counter Batavia Air. 1 jam sebelum pesawat tiba di Pekanbaru, petugas Batavia Air membagikan voucher senilai Rp.300.000 kepada setiap penumpang yang berlaku selama 1 bulan dari tanggal keberangkatan. Sayangnya Saya lupa foto bentuk vouchernya. Yang jelas disitu tertera nama penumpang, kode booking tiket, jadwal penerbangan dan ketentuan penggunaan voucher.
  1. Voucher dapat digunakan untuk pembelian tiket di counter Batavia.
  2. Voucher dapat diuangkan di kantor Batavia Air
  3. Hanya nama penumpang yang tertera di voucher yang dapat menggunakan voucher tersebut.
  4. Penukaran voucher hanya dapat dilakukan oleh penumpang yang namanya tertera di voucher.
Kurang lebih sih begitu persyaratannya yang Saya ingat. Setelah mendapat voucher Saya langsung mikir, rugi besar lah ya si maskapai, udah ngasih makan karena delay lebih dari 2 jam, ngasih voucher ke setiap penumpang dan penumpangnya juga harus tetap diberangkatkan. Tapi akhirnya Saya percaya kalau ternyata maskapai tersebut mematuhi aturan yang berlaku. Ya memang seharusnya begitu kan. Pada kenyataannya ternyata masih ada beberapa penumpang yang tidak mengetahui adanya aturan tersebut, jadi untuk kasus seperti ini kan bisa aja karena ketidaktahuan penumpang, maskapai nya pun "nakal" dengan tidak mematuhi aturan yang berlaku.

batavia air delay 
Pemandangan Gate C07 Bandara Soeta 
ketika Batavia Air menuju PKU terlambat 3 jam
Sayangnya delay 3 jam belum berhak dapat ganti rugi :D

Nah terus mau diapain voucher nya dev? beli tiket lagi buat jadwal pulang bulan selanjutnya atau di-uang-kan? Dan Saya pun mengambil keputusan untuk menebus voucher tersebut di kantor Batavia Air. Fyi, untuk pencairan voucher tidak dapat dilakukan di agent Batavia Air, melainkan harus ke kantor pusat atau cabang Batavia Airlines. Persyaratan yang harus dibawa untuk menebus voucher delay tersebut adalah :
  1. Boarding pass/tiket keberangkatan
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy buku rekening
  4. Fotocopy Kartu Keluarga
Untuk poin 3 dan 4 sebenarnya tidak wajib karena di vouchernya pun tidak tertera demikian. Poin 3 tersebut adalah untuk menguatkan pihak maskapai bahwa nomer rekening yang diberikan adalah benar. Oiya, fyi untuk pencairan voucher ini, uang nya di bayarkan melalui transfer rekening dengan proses sekitar 21 hari. Untuk poin 4, Saya juga tidak tahu pasti karena waktu Saya mencairkan voucher ini Saya tidak diminta fotocopy Kartu Keluarga tapi orang sebelah Saya yang juga mau mencairkan voucher nya diminta tuh Kartu Keluarga nya, kayanya karena tiket nya rombongan. Oiya satu lagi yang perlu diketahui, usahakan nomer rekening yang diberikan adalah atas nama orang yang mencairkan voucher tersebut karena klo atas nama orang lain harus pakai surat kuasa. Klo lihat orang di sebelah Saya kemarin sih jadi terkesan ribet dan akhirnya dia menunda pencairan voucher dihari itu. Sayangnya informasi mengenai pencairan voucher delay ini tidak ada di website Batavia Air yaitu batavia-air.com

Setelah menunggu 21 hari, akhirnya uangnya cair juga. Padahal sudah ancang-ancang mau telpon kantor Batavia nya klo sampai mundur dari waktu yang telah ditentukan.

Bukti transfer Batavia ke rekening Saya :)
(Klik gambar untuk memperbesar) 

Terimakasih Batavia Air telah mematuhi aturan dan tepat waktu dalam pencairan dana. Semoga ga ada lagi delay-delay-an, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan :)

9 great comments:

.:diah:. said...

salut tuk Batavia klo kek gini.

tahun 2009 yang lalu saya pernah mau ke MKS, jadwalnya 14.00 or something lah, tapi sampe jam 6 sore blm2 jg bisa terbang sampe besok paginya baru bisa terbang, sayang banget waktu itu blm berlaku vocher ginian, heheh

iwan said...

ohh...baru tahu ada peraturan kayak gini...
300.000 lumayan buat oleh2..hihi...

ria haya said...

wah klo telatnya 3,9 jam ga dpt ganti rugi yach?

Anonymous said...

Walaupun saya tdk pernah terbang dgn Batavia, saya ucapkan salut atas goodwill Batvia memenuhi peraturan penerbangan nasional. Insya Allah, one day I will try to fly with the aircraft, but of course not hoping to feel the same late flight.
@ Ria haya: setahu saya tidak ada ukuran waktu 3,9 jam. Mungkin maksud ukhti, 3 jam 54 menit, rempong ah.

Sarah said...

yah masih untunglah ya Mbak Batavia msh mematuhi peraturan :D

uciL said...

wah delay 5 jem, ngapain aj yah nunggunya, mbete kan :D tapi klo beneran peraturan dipatuhin, keren juga meski lama juga hari cairnya yah

dEvi said...

@diah..tapi hrsnya klo delay begitu dikasih penginapan di, soalnya kan aturan nya ada tentang itu.

@iwan..hehehe iyah lumayan banget lahh :D

@ria haya..iyah klo telatnya terhitung belum > 4 jam ga dapet ganti rugi. soalnya untuk kasus ke2 saya kena delay 3jam 30menit cuma dpt snack dan makan malam.

@Anonymous..makasii komentarnya,tp koq ga pake nama c? :D

@sarah..iyah berarti mereka memang patuh

@ucuy..gpp lah lama yang penting beneran cair cuy :D

outbound training di malang said...

kunjungan ..
salam sukses selalu ..:)

SiapaSayaSiapaAnda said...

jarang dapet 'akses' naek ginian...
:)
terakhir pk batavia ada serangga kelayapan di jendela nya.
hahaha

:D

Post a Comment