Akan dipaksa pakai Timeline Facebook

Jan 31, 2012

timeline facebook
Saat ini bisa dibilang Facebook adalah social media yang masih mendominasi di dunia maya. Walaupun banyak social media pesaing bermunculan tapi eksistansi Facebook tetap berada diatas. Waktu Google+ pertama diluncurkan, Saya pikir banyak pengguna akan berpaling namun nyatanya tidak, Facebok tetap menjadi pilihan. Dan Google+ pun hanya ramai di awal-awal. Itu sih yang Saya rasa, mungkin ada yang berpendapat lain tentang Google+ ? ?

Saya tidak membahas terlalu jauh tentang Google+ karena dari judulnya aja udah keliatan kan klo Saya mau ngomongin Facebook. Temans tau kan tampilan profil Facebook sekarang ada yang beda? yak, sekarang Facebook telah meluncurkan fitur Timeline yang memungkinkan pesan, komentar, foto, dan semua postingan terpublikasi berurutan berdasarkan tanggal. Klo kata mas Mark Zuckerberg, fitur timeline ini untuk merekam kehidupan penggunanya dalam bentuk virtual. Tapiiiii...jujur i don't like it! rempong deh menurut Saya, ngeliatnya bingung. Ada yang setuju dengan Saya? klo ga setuju juga no problemo sih, hehehe.

Karena kerempongan Saya melihat tampilan timeline Facebook ini, membuat Saya tidak ikut merubah tampilan profil Saya sendiri. Saya lebih suka dengan tampilan versi lama, simple. Tapi denger-denger tidak beberapa lama lagi Facebook akan "memaksa" seluruh pengguna untuk menggunakan Timeline. Padahal menurut survei yang dilakukan oleh Sophos bahwa dari 4000 pengguna Facebook ditemukan hanya 8 persen dari jumlah responden yang menyukai perubahan tampilan profil mereka. Siasanya, lebih memilih tampilan lama daripada fitur timeline. Dan sebanyak  51 persen di antara responden berpendapat bahwa mereka khawatir dengan format baru profil mereka. Mungkin kekhawatiran tersebut muncul karena pengguna takut privacy-nya terganggu, karena semua alur hidupnya bisa terpublikasi dengan jelas. Nah daripada kenapa-kenapa, sebagai pengguna harus jeli juga mengatur privacy profil kita.

Timeline Facebook

Lagi iseng browsing Saya menemukan ini dari Kompas tekno (http://tekno.kompas.com) yaitu 5 hal yang harus diketahui mengenai Timeline Facebook.
    1. Maksimalkan penggunaan pilihan "Hide from Timeline"
    2. Manfaatkan pilihan "Hide from Timeline" agar bisa menyembunyikan apapun yang ingin sembunyikan dari orang lain. Karena kalau ga jeli, bisa-bisa semua yang kita lakukan akan terekspos jelas ke publik meskipun mereka belum menjadi teman
    3. Ganti cover album
    4. Biar kelihatan menarik kita bisa mengganti cover di setiap album yang sudah kita upload. Oiya untuk semua album yang diatur dengan pilihan "Public" akan muncul di Timeline dengan cover album yang cukup besar dari sebelumnya. Jadi pinter-pinter nyari foto yang oke buat dijadiin cover yah :D
    5. Bijak menggunakan Geotag
    6. Informasi geotag dilengkapi dengan lokasi dimana foto dan album foto tersebut diambil. Nah misalnya kita memasukkan lokasi foto di gunung Bromo, maka nantinya setiap orang yang melakukan geotag gunung Bromo di foto mereka, juga akan mengetahui kehadiran kita di gunung itu, sesuai tanggal yang tertera. Klo ga mau diketahui orang-orang mending di "untag" aja untuk menghilangkan lokasi detail dari foto.
    7. Perhatikan aplikasi dari pihak ketiga
    8. Jangan sembarangan mempersilakan aplikasi pihak ketiga memenuhi Timeline. Males banget kan klo apapun yang dilakukan di aplikasi tersebut akan muncul dan memenuhi Timeline.
    9. Pastikan dulu sebelum publikasi
    10. Sebelum di publikasi coba "View As" dulu apakah tampilan Timeline sudah layak untuk dipublikasikan. Mungkin sama halnya seperti postingan di blogspot ini, di Preview dulu sebelum di publish.

    Mungkin beberapa temans ada yang sudah mengetahui tentang 5 hal diatas karena sudah utak atik timeline sendiri, namun setidaknya info ini bermanfaat bagi yang kekeuh pakai tampilan versi lama (seperti Saya) dan jika nantinya "dipaksa" untuk menggunakan Timeline sama si Facebook, bingungnya mungkin agak berkurang sedikit, hehehe...Selamat Mencoba Temans :)

    sumber :
    http://tekno.kompas.com/read/2012/01/30/20013442/Survei.Hanya.Sedikit.Pengguna.Facebook.Migrasi.Ke.Timeline
    http://tekno.kompas.com/read/2012/01/30/14205797/Atur.Timeline.Facebook.Anda.agar.Privasi.Terjaga

    13 great comments:

    Ninda Rahadi said...

    saya suka timeline kok mbak
    hehe soalnya suka penasaran kalau sama yang baru2 :P

    KentutMeong said...

    Salut sama mbak devi yang masih konsisten dengan blog nya. gak seperti saya yang kabur2an.
    Salam, KentutMeong.

    Mila Said said...

    aku sukaaaa timeline facebook, jd keren bisa ada header nya, trus klo posting gambar2 jd besaaar.. hehehe...

    Diah Wardani Chaidesar said...

    saya juga kurang suka mbak. Rada ribet aja gitu hehe
    jadi deg-degan menanti hari tiba profil facebook berubah mendadak #lah

    .:diah:. said...

    saya sebenarnya gak begitu suka dengan tampilan timeline ini.. lebih asyikan yg dulu. ini coba2 tapi gak tahu lagi gimana balikinnya, gmana ya Dev??
    masih bingung pake yg versi timeline niih, apalagi lihat punya orang yg timeline, gk bisa lihat album2 foto sebelumnya dia *saya yg bingung siiyy

    uci cigrey said...

    blm pernah kepaksa pake versi timeline, jadi blm keubah deh skrg hahah :D

    dEvi said...

    @ninda & @mbak mila..berarti kita ndak satu suara :D

    @meong...wiiihhh si meong is back! alhamdulillah masih bisa eksis disini :D

    @diah wardani..toss dulu klo gt (.")^^(".)

    @diah..waduh saia blm ngulik gmn cara balikinnya di. ngeliatnya aja ribed :D

    @ucuy..nanti bakalan di paksa sama mas mark cuy :p

    merry go round said...

    Asli, rempong banget timeline itu. Sekilas penampakannya malah jadi mirip era Friendster. Lebih enak yang sekarang, simple tapi tetep jelas. Pake timeline pusing bacanya, pusing liatnya, setiap nyasar ke profile Fb orang yg pake timeline bawaannya pengen cepet2 ditutup aja. Kalo semua pengguna Fb musti pake timeline,,,,umh.... goodbye bye bye kali ya sama Fb :(

    Diah Wardani Chaidesar said...

    coba klik link ini deh mbak http://eltelu.blogspot.com/2012/01/mengembalikan-tampilan-facebook.html
    temen saya nge-share ttg cara ngebaliin tampilan fb ke awal

    Mine and Me said...

    aku sih masih suka tampilan facebook yang dulu, lebih simpel dan sederhana...
    gampang gitu bacanya... hahahaha

    Risky MW said...

    sama mbak diah, aku juga lebih suka tampilan fb yang lama lebih simpel n' g bikin mata bingung. hehehe.

    Elsa said...

    lebih suka tampilan FB yang lama

    Nicky Oktavian said...

    Yah benar hal tersebut akan menjadi paksaan karena tanggal 19 Maret semua profil FB akan berubah menjadi halaman rongsokan yang akan memuat semua hal dari tempo doloe ampe skrng, bukan ribet tapi mmng tampilannya kagak jelas, smua pengaturan privacy berubah menjadi terbuka (bisa bisa yang di sembyuikan bs terekspose di publik) saya tidak setuju dengan timeline jikalau Mark tetap pada pernyataannya mgkn ada baiknya nama situs FACEBOOK di ganti menjai UTIMELINE.COM. Benar gaa???

    Post a Comment