Haruskah mendukung SOPA dan PIPA?

Jan 20, 2012

Stop SOPA and PIPA
SOPA dan PIPA yang merupakan kepanjangan dari Stop Online Piracy Act (RUU Anti Pembajakan Online) dan Protect Intellectual Property Act (RUU Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual) tengah menjadi topik menarik yang banyak diperbincangkan dunia. Rancangan undang-undang tersebut masih dalam proses legalisasi. Mungkin sebagian dari temans ada yang tahu aksi blackout yang dilakukan sejumlah situs di Amerika Serikat pada hari Rabu (18/1/12) lalu. Yak, aksi blackout tersebut merupakan aksi penolakan terhadap RUU SOPA dan PIPA. Aksi tersebut dilakukan selama 24 jam dengan memblokir sementara layanan mereka dan menghitamkan tampilan awal situs mereka

Banyak situs-situs besar Amerika Serikat yang kontra terhadap RUU SOPA dan PIPA, seperti Google, Wikipedia, WordPress, Facebook, dll. Mereka menganggap dengan adanya UU tersebut nantinya akan merubah cara internet beroperasi. Apalagi selama ini internet bisa dibilang jendela dunia, lewat internet kita bisa tahu mengenai apapun. Apakabar dengan Google yang selalu menjawab setiap pertanyaan kita dengan memberikan link sumber terkait mengenai apa yang kita cari kalau itu termasuk tindakan yang melanggar SOPA dan PIPA? Tapi, sepertinya dampaknya bukan hanya pada situs Amerika, justru target dari RUU tersebut adalah situs yang berada di luar AS.

wikipedia blackout SOPA and PIPA

Wordpress blackout SOPA and PIPA 
Wikipedia dan Wordpress melakukan aksi blackout 
sebagai bentuk penolakan terhadap SOPA danPIPA

Lewat UU tersebut, nantinya situs di luar AS yang dianggap melanggar hak cipta bisa diblokir sepihak. UU tersebut dapat menghentikan bisnis dari penyedia jasa pembayaran, iklan, dan mesin pencari dari situs yang melanggar. Salah satu penerapannya, jika ada suatu situs (termasuk di Indonesia) yang dianggap melanggar, maka Google sebagai mesin pencari tak boleh menampilkan situs itu di hasil pencarian. Contoh lainnya, jika situs yang dianggap melanggar tadi memanfaatkan jasa PayPal untuk pembayaran, atau AdSense untuk iklan, layanan itu juga harus dihentikan.

SOPA lebih sadis lagi dari PIPA karena mendefinisikan situs yang melanggar sebagai "situs apa pun yang melakukan atau memfasilitasi pelanggaran hak cipta". Hak cipta di sini bukan hanya konten bajakan, semisal videoklip musik, lagu, atau software. Ini juga mencakup produk fisik yang dianggap melanggar, misalnya mainan anak-anak versi kw. Lalu apa kabar dengan forum jual beli yang banyak menjual produk-produk kw?

Hemm semoga para anggota senat AS dapat memutuskan solusi terbaik untuk dunia internet. Karena rasanya tempat yang memberikan "kebebasan" tak terbatas saat ini hanya internet. Tentu saja kebebasan yang dimaksud adalah yang tetap berada didalam koridor. Masalah pembajakan memang perlu diberantas tapi tentu saja dengan solusi yang lebih baik misalnya dengan pendekatan bisnis atau sejenisnya. Mungkin itu bisa lebih menguntungkan semua pihak.

Apapun hasil dari proses legalisasi SOPA dan PIPA ini, semoga Google dan Wikipedia tidak ditutup karena jendela informasi ada di tangan mereka sebagai mesin pencari yang sudah mendominasi internet. Dan tentu saja situs lainnya seperti Facebook, eBay, Amazon, Youtube dan teman-temannya masih tetap bisa dinikmati para user dunia maya.

So, menurut kalian haruskah mendukung SOPA dan PIPA??

sumber :
http://tekno.kompas.com/read/2012/01/18/11561058/SOPA.dan.Pengaruhnya.bagi.Indonesia
http://tekno.kompas.com/read/2012/01/18/17193670/Kompak.Tolak.SOPA..10.Situs.Tutup.Bersama

16 great comments:

eria said...

iya... bener banget...
gimana jadinya ketika SOPA atau PIPA berlaku,,, apakah masih ada blogspot, wordpress, dll....
kebebasan di dunia internet akan tidak seperti dulu lagi...

iwan said...

iya sya rasa SOPA sangat tidak perlu..itu hanya topeng bisnis doank yang menguntungkan sebagian pihak tertentu saja... STOP SOPA & PIPA. !!!

Rose said...

Informasi yang sangat bermanfaat.Astaga ke mana aj gue, g tau info nya sama sekali:D


Stop SOPA lah, PIPA juga..:D

Meutia Halida Khairani said...

hmmm, ada nih di bahas di ON|OFF kemarin karena perwakilan google datang ke acara itu. sebenarnya mereka sendiri susah utk mengesahkan undang2 spt itu. seharusnya sih disahkan mengikuti kebijakan masing2 negara jgn worldwide. ntahlah yaa

djawa said...

let us support the American Stop Censorship :D

djawa said...

mari kita dukung Stop American Censorship
dengan memasang banner http://s.wordpress.org/images/stop-censorship.png

lihat contohnya disini : www.djawadreang.com

Sebarkan info ini untuk mendukungnya
dan alamatkan kesini : http://americancensorship.org/
atau anda juga bisa memasang script yang telah ada disana.

Hoe21 said...

wah,, bisa balik ke jaman batu nich klo sampe internet sampe dibatasi kyk gini..

muhammad said...

Tolak SOPA-PIPA

Mila Said said...

paling sebentar lagi indo juga ikut2an bikin peraturan gini2an nih. biasaaa.. ikut2an

merry go round said...

Serem ya dengan kebijakan SOPA PIPA ini. Usaha untuk mencegah pembajakan tapi secara tidak langsung mengekang kebebasan berekspresi di dunia maya. Kalau SOPA PIPA sampai disahkan situs jejaring sosial dan Youtube bukan nggak mungkin untuk ditutup.

Ely Meyer said...

tadi barusan aku baca postingan yg mengatakan katanya ditarik nih SOPA dan PIPA, semoga benar saja

Gaphe said...

kalo saya, setuju nggak setuju nggak ngaruh juga.. hehehe.

paling ntar ada alternatifnya kalo memang sopa pipa uu-nya jadi disahkan.. toh internetan kan jalan terus yaa

ningnung said...

eyampun kemana aja yah diriku ini kok ga tau sama sekaliii.. hahahahhaha.. yang SOPA bikin ribet amat yaaahh..

Asop said...

Seperti kata kawan di sebuah webforum luar negeri, tahun 2012 bukan kiamat dunia, tapi kiamat dunia maya. :(

Ninda Rahadi said...

waw menganga lihat komentarnya asop
ah saya tidak mendukung.

uci cigrey said...

ah kita liat aj nih jadinya kaya gimana, smoga yg trbaik (ceileee)

Post a Comment