Jangan ganggu orangutan!

Dec 20, 2011

orangutan
Orang Utan menurut wikipedia adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat, yang hidup di hutan tropika Indonesia (khusus nya di pulau Kalimantan dan Sumatera) dan Malaysia. Orang Utan juga merupakan salah satu satwa yang dilindungi, namun belakangan beredar berita bahwa telah terjadi penganiyaan terhadap hewan yang memiliki tingkat kesamaan sekitar 96.4% dengan manusia ini.

Pembantaian orangutan ini dikarenakan mereka dianggap sebagai hama yang merusak tanaman sawit. Ckckck..tega yah para pemilik kebun sawit itu, kenapa harus dengan cara dipukul dan dilukai sih lagipula kan hutan itu memang tempat tinggal mereka dan Indonesia adalah 'rumah' bagi 90% spesies orangutan liar yang masih tersisa yang memiliki habitat di hutan hujan tropis. Jadi mau tinggal dimana mereka klo di 'rumah' sendiri ga aman.

Ada ahli yang mengatakan benar adanya bahwa sebagian besar populasi orangutan di Indonesia berkurang karena dibunuh. Terbukti dengan ditemukannya tulang hewan yang dinyatakan sebagai orangutan di perkebunan sawit milik perusahaan swasta di Kalimantan Tengah. Perusahaan tersebut memperkerjakan pemburu bayaran untuk membantai orangutan yang dianggap telah merusak dan memakan tunas kelapa sawit. Tidak hanya di Kalimantan Tengah, dari sumber yang Saya baca juga pembantaian orangutan juga terjadi di Kalimantan Timur yang salah satunya juga melibatkan warga negara Malaysia yang sekarang telah ditahan di Polres Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

pembantaian orangutan

Kalau sudah begini, sepertinya pemerintah harus bertindak tegas karena menyangkut punahnya satwa langka yang dilindungi. Orangutan sangat indentik dengan Indonesia dan diharapkan binatang ini bisa terus hidup dan berkembang biak dengan baik. Janganlah mengganggu 'rumah' mereka, karena bagaimanapun tempat tinggal yang baik bagi mereka adalah hutan hujan tropis yang ada di Indonesia ini. Hemm...semoga para pengusaha sawit itu disadarkan bahwa tindakannya tersebut sangat tidak hewani *red-manusiawi*. Dan carilah tempat lain untuk menanam sawit, Jangan ganggu orangutan!

sumber :
http://travel.okezone.com/read/2011/11/14/407/529191/ratusan-orangutan-dibantai-di-pedalaman-kalimantan
http://travel.okezone.com/read/2011/11/22/407/532703/dianggap-perusak-hutan-sawit-orang-utan-sengaja-dibantai
http://travel.okezone.com/read/2011/11/24/407/533838/manager-pt-kam-wn-malaysia-jadi-tersangka
http://id.berita.yahoo.com/orangutan-dibantai-demi-lindungi-kebun-kelapa-sawit-063127616.html

13 great comments:

ordinary rangga said...

haduh susah bener ini mau koment aja yak... tombol komentnya aku klik ndak ngefek... hihihi... jadi sampe lupa mau komen aja... oh iyah... ijin follow blognya ya...

Meutia Halida Khairani said...

hmm, sewaktu berita ttg orang utan lagi marak2nya, saya liat tuh video ketika mereka di seret dengan rantai. gile yah.. kejam.. semoga pemerintah kita mau melakukan sesuatu.

uci cigrey said...

pertama kali tau dari trans tv waktu itu, di investigasi sore, langsung kesel ngetwitlah jadinya ttg orang utan, super duper zuperrrrr tdk berperikemanusiaan, coba aja yg bantai ngerasain dibantai sekeluarga, sejenisnya sama mahluk lain dari dunia lain :)) biar tau rasa deh tuh.. (*panjang bener yeh)

.:diah:. said...

hiikkss, miris bangett waktu lihat liputan khusus RCTI (klo gk salah waktu itu)
tega bangett sih orang2 itu menyiksa orang utan, kan kasian yg sampe ditarik2 pake rantai trus dibunuh, dikrangkeng dll, hikkkss sadiiiss deh orang2 itu, bener2 sadiiiss

semoga pemerintah lebih peka dan peduli lagi terhadap masalah ini yaaa.

Rere said...

pas banget postingannya devi, belum lama liat berita di tv klo orang utan mau ditembak sama warga gara2 makanin duren di perkebunan. Untung aja dicegah ama polisi hutan, klo ga bisa punah tu.

Kasian bener yah.. padahal orang utan begitu karena habitat mereka juga terganggu dan semakin berkurang untuk cari makanan. Semoga kita makin peduli lagi sama si lucu yang makin langka itu. ^^

rusydi hikmawan said...

ada cara mudah agar orangutan gak terganggu dan kita gak akan ganggu mereka, yaitu jangan pakai minyak goreng dari kelapa sawit. soalnya perkebunan kelapa sawit udah mengancam habitat mereka, dan pantas orangutan masuk ke perkampungan warga dan warga mengusir mereka

chici said...

Setujuuuu...
Temanku di Kalimantan juga pernah cerita tentang pembantaian orang utan disana. Memang sih udah ada perdanya kalo ketahuan bakal dapet hukuman, tapi kita kan nggak tau juga dengan pembantaian yang nggak tercium sama pemerintah ya...
Padahal ya mereka dateng ke perkampungan penduduk ya juga karena rumahnya udah diambil sama manusia juga kan :(

mila said...

manusia tuh emang klo udah rakus ama harta bisa kejam banget... benci banget tuh gw ama orang2 kayak gitu.

Gaphe said...

padahal kalo orangutan terlalu lama dan sering berinteraksi sama manusia, dia akan kehilangan sifat-sifat alaminya.. dan bahkan, bisa mengubah ekosistem kalau dibiarkan..

mana semakin lama semakin punah.. cuman satu caranya : konservasi to the maks

Wulan said...

Sedih bangeett..
Yg bikin lebih sedih lagi karna aku ngga bisa ngelakuin apa2 untuk ngebantu sodara2 satu familia kita itu :'(
Banyak bantu doa, #saveorangutan :(

Nufus said...

Setuju... jangan ganggu orang utan!

ningnung said...

sedih bacanya :(

demi keuntungan sesaat sampe ga punya perike-hewan-an gitu :(

ASAZ said...

orang utan sebagai hama memang betul . tapi itu semua bukan salah orang utan tapi salah manusia membuat kebun sawit dengan membaabat hutan habitat orang utan

Post a Comment