Resep Martabak Manis Keju Coklat

May 9, 2013

Senyum-senyum sendiri nih Saya sama judul postingannya, Resep Martabak Manis Keju Coklat, hahaha. Kenapa? Karena sekali-kalinya Saya posting tentang resep makanan disini, secara Saya bukan seorang yang jago masak. Tapiiii...semenjak Saya menikah, hal itu berubah pemirsah. Ya gak jadi jago masak juga sih, tapi setidaknya Saya bisa dan berhasil bikin suami berkata "Enak!!, makasii yaah" *sambil ndusel-ndusel kelek #eh* ketika makan sesuatu buatan Saya *blushing*  Dan ajaibnya hal itu yang membuat Saya jadi rajin mencoba resep masakan yang tadinya Saya belum pernah memasaknya. Mungkin ini salah satu berkah menikah, jadi bisa masak, Alhamdulillah.

Sebenarnya sih tertarik untuk mencoba resep martabak manis ini gegara baca postingannya jeng ningnung yang ga pernah gagal bikin cemilan laziess ini. Berbekal resep diblognya jugalah, Saya niat beli bahan-bahannya sampai beli teflon baru loh buat cetakannya. Dan hasilnya sangat lumayan untuk seorang amatiran seperti Saya, apalagi ditambah kata-kata "Enak!!" dari suami.

Berikut ini bahan-bahan untuk membuat martabak manis :
  • 2 cup tepung terigu
  • 1/8 cup gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 350ml susu cair putih
  • 1 1/2 sdt baking powder 
  • Mentega secukupnya *untuk olesan martabak
Bahan isian martabak manis :
  • Keju
  • Meises coklat
  • Susu kental manis

Cara membuat martabak manisnya campurkan semua bahan-bahan kecuali baking powder dan mentega. Tutup adonan dan diamkan sekitar 1 jam. Kalau sudah mau dimasak tambahkan 1 1/2 sdt baking powder. Setelah itu tuangkan adonan ke teflon *bagi yang gak punya pan martabak*. Untuk menuangkan adonan nya, saran Saya bertahap, satu sendok sayur dulul kemudian teflonnya agak di puter biar kecetak pinggiran martabaknya. Baru setelah itu tuangkan 2-3 sendok sayur adonan. Setelah kelihatan pori-pori nya keluar, taburi dengan gula pasir secukupnya. Tutup pan dan tunggu sampai bagian bawah agak kecoklat-coklatan.

Resep Martabak Manis

Setelah matang, angkat dan langsung olesi bagian dalam martabak dengan mentega. Bagian oles-oles mentega ini jadi favorit Saya, berasa jadi tukang martabak beneran soalnya, hehehe. Setelah itu baru deh taburi dengan isian keju parut, meises coklat dan susu kental manis. Kalau masalah isian ini sih sesuai selera masing-masing pemirsa yaah.

Resep Martabak Manis
    
Alhamdulillah berhasil dan rasanya gak kalah sama punya abang-abang martabak deket rumah, hehehe. Makasih ya ning resep martabak manis nyah beneran maniss dan laziesss :)

18 great comments:

EGi said...

Euhhh....jadi pengen...*ngiler*

Lina Ss said...

aih cantiiikkk martabaknya,itu ake teflon? bisa kek pake loyang martabak, mantaappp. kalo daku demen baking krn baking sendiri lebih murah, apaagi anak2 mulai ribut laper trs sepulang sekolah, klga ada makanan lsg bilang "so bad ..no food at all, lebay daahh

Rere said...

Keren ih martabaknya...

gue juga dong, dengan martabak jadi ajang pamer ke mertua kalo menantunya bisa masak *dikit* bahahahahaha.... :))

Riesta Emy Susanti said...

hmmm,,enyaaaak...
bagi doonk

.: diah :. said...

iiiihiiy, udah jago masak lohh itu, saya belum pernah buat martabak manis, kapan2 mau nyoba juga aaahh..

Matris said...

wuahh... patut di coba nih, biar nggak belidi abang2 martabak terus...:)
makasih resepnya.

aryo said...

makasih ya gan atas tipsnya.. :)

budi hartono said...

resepnya boleh juga nih.
thanks yaa,,,,,,

dendi said...

kayaknya enak ya kalo bikin martabak rasa keju coklat.....???????

edwin kucay said...

saya paling suka kalau makan martabak yang rasa keju coklat,
rasanya gimana gituh..
hehe...

Mila Said said...

wuih udah resmi skrg jadi emak2, udah bisa masak.
kapan masakin gw ? *ditoyor

Lidya - Mama Cal-Vin said...

wahhhhhh jadi pingin makan martabak :)

Devi Hidayatullah said...

@mbak egi..dicoba yuk mbaa :D

@mbak lina..iya mbak, itu adonan pertama diputerin buat bikin pinggiran martabak nya :D

@rere..iyah bener re, jadi ajang pamer klo bisa bikin cemilan macam ini :))

@riesta..kirim dlu lah cupcake nyaahh :">

@diah..klo sukses bikin pancake mah, ini juga pasti lulus di :D

@mba martis..silahkan dicoba mbak :)

@mba mila..hahaha..iyah mbak,emak2 amatiran :D

@mama calvin..bikinnn mbak :D

ningnung said...

bentuknya cakeeppp.. bak abang2 martabak beneran ada pinggirannya segala :9

aku kok malah ga bisa bikin kayak gitu.. hahahaha

tricajus said...

thx infonya mbaaaaaaaaaaa

uci cigrey said...

bang pesen 1, keju coklat hahaha
pas pulang bawain yaaaa :D

Obat Penghancur Batu Empedu said...

Beuh....mantap surantap tuh maretabaknya :D

Portal Kesehatan Webunic said...

mantap kayaknya nih

Post a Comment